Bolanews.com --- Meksiko meraih tiga poin perdana di Piala Dunia 2014. Menghadapi laga pertama melawan Kamerun di Grup A, Jumat (13/6) malam WIB, mereka menang tipis 1-0.

banner-ads

Meksiko tampil menyerang sejak kick-off babak pertama. Selain mengandalkan sektor sayap kanan dan kiri, mereka coba membongkar pertahanan lawan melalui umpan-umpan labung menyilang.

Kamerun pun tak ingin kalah. Sang wakil Afrika coba sesekali menekan lewat umpan-umpan pendek dari kaki ke kaki.

Di menit ke-11, El Tri berhasil menggetarkan gawang Kamerun melalui sontekan Giovano Dos Santos memanfaatkan umpan lambung. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena dianggap berada dalam posisi offside.

Enam menit kemudian, Kamerun mengalami nasib serupa. Gol Choupo Moting dianggap tidak sah karena berbau offside.

Di menit ke-30, lagi-lagi gol Meksiko dianulir. Berawal dari situasi sepak pojok, Giovano Dos Santos berhasil menanduk bola masuk ke gawang Kamerun, tapi hakim garis mengangkat bendera tanda offside.

Kedua tim terus berusaha mencetak gol pembuka di bawah guyuran hujan dan lapangan yang basah. Namun, hingga babak pertama selesai, skor 0-0 tak berubah.

Memasuki babak kedua, giliran Kamerun yang mengambil inisiatif serangan di menit-menit awal. Skuat asuhan Volker Finke mendapat peluang lewat tendangan bebas Benoit Assou-Ekotto di menit ke-58, tapi bola melenceng tipis di samping gawang Meksiko akibat membentur pagar hidup.

Akhirnya Meksiko yang berhasil unggul lebih dulu lewat gol Oribe Peralta pada menit ke-61. Striker berusia 30 tahun itu mencatatkan namanya di papan skor usai menyambar bola rebound hasil tendangan Dos Santos. Skor 1-0 untuk Meksiko.

Unggul satu bola, El Tri tak mengendurkan serangan. Pelatih Miguel Herrera justru memasukkan Javier 'Chicharito' Hernandez pada menit ke-74 guna menambah pundi-pundi gol.

Di kubu seberang, Kamerun coba membongkar pertahanan tim lawan dengan mengandalkan permainan individual, tapi serangan Eto'o dkk selalu kandas.

Ketika pertandingan memasuki injury time, Chicharito mendapat peluang emas. Dalam posisi berdiri sendirian, ia menyambar bola yang bergulir di depan gawang, tapi tembakannya melambung tinggi di atas gawang.

Hingga terdengar peluit tanda pertandingan berakhir, tak ada gol tambahan yang tercipta. Tiga poin menjadi milik Meksiko.

Meksiko XI: Ochoa, Rodriguez, Marquez (c), Herrera, Layun, Dos Santos, Moreno, Guardado, Peralta, Aguilar, Vazquez

Kamerun XI: Itandje, Assou-Ekotto, Nkoulou, Djeugoue, Song, Moukandjo, Eto'o (c), Choupo Moting, Chedjou, Mbia, Enoh

Statistik

Penguasaan bola: Meksiko 58 - 42 Kamerun
Serangan berbahaya: Meksiko38 - 35 Kamerun
Total tendangan: Meksiko 9 - 10 Kamerun
Operan: Meksiko 447 - 267 Kamerun
Kartu Kuning: Moreno (Meksiko) Nounkeu (Kamerun)
Kartu Merah: -