Dengan lebih dari 100 juta download di seluruh dunia, PUBG Mobile bisa dibilang jadi salah satu game paling populer untuk platform mobile. Game yang belum lama ini menginjak usia 2 tahun tersebut tentunya merupakan versi mobile dari PlayerUnknown’s Battleground yang udah duluan tenar di platform PC, PlayStation dan XBox.

Mengambil pendekatan perang yang lebih realistis emang bikin PUBG Mobile ini banyak disukai oleh gamers, terutama mereka yang tumbuh dan memainkan game-game bergenre perang. PUBG Mobile juga dilengkapi dengan berbagai senjata, kendaraan, bahkan lokasi yang ada di dunia nyata.

Ngomong-ngomong soal PUBG Mobile nih Bro, ada beberapa fakta yang perlu lo ketahui dari game yang dirilis oleh Tencent ini.

Lokasi yang berdasarkan dunia nyata

Sejak pertama kali lo memainkan game ini, semua player akan diarahkan ke map bernama Erangel. Faktanya, ternyata map Erangel ini dibuat berdasarkan kondisi alam dan lingkungan yang ada di Uni Soviet sebelum negara tersebut terpecah. Bahkan ada beberapa lokasi yang model desainnya mengambil berdasarkan lokasi di dunia nyata.banner-ads



Pasti buat lo yang player PUBG gak bakal asing dengan lokasi kolam renang tersebut. Ruangan yang ada di dalam lokasi “School” ini desainnya diambil dari salah satu bangunan yang berada di kawasan Chernobyl. Kolam renang itu ditinggalkan setelah bencana ledakan reaktor nuklir terjadi di kawasan Chernobyl dan membuat kawasan itu gak bisa dihuni sama sekali oleh manusia.

Ada juga sebuah lokasi yang diberi nama berdasarkan nama sebuah daerah di Indonesia. Lokasi tersebut adalah Pai Nan, dan berada di map Sanhok. Nama Pai Nan yang biasa lo lihat di map tersebut ternyata terinspirasi dari daerah Painan yang berada di Provinsi Sumatera Barat.

Inspirasi game PUBG

Ternyata Bro, salah satu inspirasi dari game PUBG adalah sebuah film berjudul Battle Royale. Film tersebut punya jalan cerita yang sama dengan prinsip yang dimainkan pada PUBG. Dalam film Battle Royale, diceritakan pemerintah Jepang menurunkan 50 orang ke sebuah pulau terpencil. Di pulau terpencil itu semua orang tersebut harus saling membunuh untuk jadi yang terakhir hidup. Sama seperti di dalam game PUBG, dalam film tersebut pun setiap orang harus menemukan senjata mereka sendiri yang tersebar di seluruh pulau untuk bisa bertahan hidup menghadapi yang lainnya.

Ada tragedi di balik istilah “Winner Winner Chicken Dinner”

Siapa nih yang sering menang kalau main PUBG?

Semua player PUBG pasti gak asing dengan istilah di atas, soalnya kalimat tersebut bakal muncul ketika seseorang memenangkan permainan. Istilah ini pertama kali digunakan di era 1930an ketika Amerika Serikat sedang mengalami krisis ekonomi besar-besaran.

Di tengah krisis tersebut banyak orang yang harus mempertaruhkan sesuatu dalam permainan, dan jika orang tersebut menang maka dirinya bisa makan malam dengan menu ayam pada malam harinya. Istilah “Winner-Winner Chicken Dinner” benar-benar digunakan dalam permainan tersebut untuk setiap orang yang berhasil memenangkan permainan tersebut.

Brendan Greene, Kreator game PUBG adalah seorang fotografer

Brendan Greene mungkin adalah orang paling penting dibalik terciptanya game ini. Sebelum sukses dengan PlayerUnknown’s Battleground, dirinya udah pernah menciptakan game genre battle royale lainnya yaitu DayZ. Meski udah menciptakan beberapa game yang terbilang sukses, dirinya bukanlah seorang gamer berat. Bahkan Greene mengaku bahwa dirinya main game cuma ketika ada waktu luang. 

Pria kelahiran Irlandia sempat pergi ke Brasil untuk mengejar karir di bidang fotografi dan pengembang web. Setelah beberapa tahun tinggal di Negeri Samba dirinya kembali ke Irlandia dan melanjutkan mimpi terpendamnya untuk jadi pengembang video game.

Punya ekosistem Esports yang cukup baik

Sebagai bagian dari komunitas eSports, tentunya PUBG dan PUBG Mobile udah punya ekosistem kompetisi yang baik di tingkat regional maupun internasional. Salah satu event terbesarnya adalah PUBG Mobile Star Challenge yang finalnya dilaksanakan di Dubai, Uni Emirat Arab pada tahun 2019 lalu. Kompetisi-kompetisi tersebut gak sembarangan diadakan, soalnya udah banyak tim eSports terbaik dunia yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi PUBG dan PUBG Mobile serta memperebutkan hadiah yang besar.