Bolanews.com --- Pertandingan final Piala Dunia 2014 antara Jerman kontra Argentina berakhir imbang tanpa gol selama 90 menit, Senin (14/7) dini hari WIB, di Stadion Maracana, Rio de Janeiro. Pertandingan pun harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu guna mendapatkan sang pemenang sekaligus juara Piala Dunia 2014.

banner-ads

Menit ke-30 Higuain berhasil membobol gawang Neuer usai mendapatkan umpan silang yang dilepaskan Lavezzi. Akan tetapi, wasit menganulir gol tersebut karena Higuain lebih dulu dalam posisi offside.

Andre Schurrle yang masuk menggantikan Cristoph Kramer karena cedera menciptakan peluang bagus pada menit ke-36. Pemain Chelsea ini mendapatkan ruang terbuka dan melepaskan tembakan tepat sasaran, namun mampu diantisipasi kiper Romero.

Peluang hampir mirip juga didapatkan Kroos pada menit ke-43. Berawal dari operan Mesut Oezil, Kroos melepaskan tendangan terarah, tapi tidak terlalu keras sehinga sanggup diredam Romero.

Pada masa tambahan waktu Jerman kembali mendapatkan peluang emas dari eksekusi sepak pojok yang dilepaskan Kroos. Benedikt Howedes mampu memenangi duel udara, tetapi tandukannya membentur tiang gawang dan dengan sigap diamankan Romero yang dibarengi keputusan wasit yang menyatakan Mueller juga sudah berada dalam posisi offside. Hingga jeda pertandingan pun tetap imbang 0-0.

Babak kedua

Argentina langsung melakukan perubahan di babak kedua dengan memasukkan Sergio Aguero menggantikan Ezequiel Lavezzi. Baru dua menit laga berkangsung pasukan Alejandro Sabella mendapatkan peluang bagus dari Lionel Messi.

Berawal dari umpan terobosan Lucas Biglia, Messi berpeluang mencetak gol. Akan tetapi, tendangan kaki kiri yang dilepaskannya masih sedikit melebar di sisi kiri gawang Neuer.

Sementara itu, salah satu peluang terbaik Jerman diciptakan Kroos pada menit ke-82. Memanfaatkan umpan dari Oezil, Kroos melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, namun masih sedikit melebar.

Beberapa peluang tambahan kembali didapatkan kedua tim, tetapi, hingga pertandingan di waktu normal berakhir tetap tidak ada gol yang tercipta. Laga final pun harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu 2X15 menit.

Susunan pemain:

Jerman: Manuel Neuer; Benedikt Howedes, Mats Hummels, Philipp Lahm, Jerome Boateng; Cristoph Kramer (Andre Schurrle 32'), Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos, Mesut Oezil; Miroslav Klose (Mario Goetze 88'), Thomas Mueller.

Argentina: Sergio Romero; Ezequiel Garay, Pablo Zabaleta, Martin Demichelis, Marcos Rojo; Lucas Biglia, Enzo Perez (Fernando Gago 86'), Lionel Messi, Javier Mascherano, Ezequiel Lavezzi (Sergio Aguero 46'); Gonzalo Higuain (Rodrigo Palacio 77').