Sekarang udah banyak nih skateboarder di Indonesia, apalagi di Jakarta. Saat ini di Jakarta juga udah banyak skatepark yang dibangun, salah satunya Kalijodo.

Enggak cuma itu, sekarang juga banyak event skateboard yang tentunya makin membuat olahraga ekstrim yang satu ini tambah eksis bro.

Lo yang belum pernah main olahraga ini, cobain gih. Lo tinggal beli deck atau papan skateboard, truck dan wheel-nya abis itu meluncur deh. Tapi jangan asal beli ya soalnya ada beberapa jenis papan skateboard nih. Coba lo baca dulu deh biar enggak salah-salah.

Kalo kata Stevanus Anton, pemilik brand Solitude Skateboards, ada tiga jenis papan yang bisa dipakai untuk skateboarding. Pertama, papan popsicle. Papan yang memiliki ujung (nose dan tail) berbentuk bulat (rounded) ini biasa dipakai untuk melakukan trik-trik di street atau skatepark.

Kedua, papan park atau bowl yang sering digunakan saat bermain skateboard di permukaan transisi seperti ramps atau bowl. Ketiga, papan longboard. Papan ini lebih sering digunakan di jalanan yang beraspal dan hanya dapat dipakai untuk cruising atau saat menyusuri jalanan.

Nah, kalo lo udah tau jenis-jenis papan skateboard, lo juga harus memperhatikan saat memilih papan skate nih. Papan skateboard terbuat dari beberapa lapis kayu dan dilem serta di-press jadi satu. Biasanya jenis kayu yang paling bagus digunakan untuk skate ialah kayu maple karena lebih tahan lama.

Soal ukuran papan itu harus disesuaikan dengan ukuran kaki dan besar tubuh lo. Misalnya kalau ukuran sepatunya 40, maka ukuran papan yang cocok untuk lo adalah antara 7,5-7,8 atau 8,0 inci.

Papan skate juga ada penyangga antara papan dengan roda. Nah bagian ini biasa disebut dengan truck. Kegunaanya, truck memiliki suspensi yang fungsinya sebagai bantalan untuk membelok.

Selain itu semua, ukuran roda juga harus diperhatikan nih. Biasanya kalo papan street memiliki ukuran roda antara 49 mm dan 54 mm. Kalo buat main di skatepark, ukuran rodanya lebih besar, begitu juga longboards yang memakai roda 65 mm hingga 70 mm.

Buat lo yang pemula, buat cari tau ukuran dan karakter papan yang cocok mending lo pinjam papan teman skateboarder lo dulu biar gampang pas cari papannya.