Bolanews.com --- Prancis melangkah ke perempat final Piala Dunai 2014. Mereka melenggang setelah menundukkan Nigeria 2-0 di babak 16 besar, Senin (30/6) malam WIB.

banner-ads

Sejak kick-off babak pertama, kedua tim saling menyerang secara bergantian. Prancis mengandalkan Olivier Giroud dan Karim Benzema, sedangkan Nigeria bertumpu pada ketajaman Emmanuel Emenike.

Memasuki menit ke-19, Nigeria berhasil menggetarkan gawang Prancis lewat aksi Emenike. Namun, gol dianulir wasit karena dianggap berbau offside.

Prancis gantian memberi tekanan. Di menit 22, Paul Pogba melepaskan tendangan voli dari kotak penalti Nigeria, tapi kiper Enyeama dengan sigap memblok bola yang datang ke arahnya.

Les Blues kembali menebar ancaman di menit ke-40. Kali ini lewat Mathieu Debuchy. Namun, sepakan bek Newcastle itu masih melenceng di sisi kiri gawnag Nigeria.

Prancis terus menekan di sisa waktu babak pertama. Di sisi lain, Nigeria juga melancarkan serangan, tapi selalu gagal, termasuk tendangan Emenike di menit 44 yang mampu diblok Hugo Lloris. Alhasil, hingga 45 menit pertama selesai, tak ada gol yang tercipta.

Babak kedua, tepatnya menit ke-70, Prancis nyaris membuka keunggulan. Bola hasil tendangan Benzema berhasil melewati kiper, tapi pemain belakang Nigeria langsung menyapu si kulit bundar sebelum melewati garis gawang.

Tim Ayam Jantan menciptakan dua peluang emas di menit ke-77 dan 78. Namun, keduanya gagal membuahkan gol. Tembakan Yohan Cabaye mengenai tiang atas gawang, sedangkan sundulan Benzema bisa ditepis oleh kiper.

Barulah di menit ke-78 Prancis berhasil mengakhiri kebuntuan. Berawal dari situasi sepak pojok, Paul Pogba menanduk bola ke gawang yang tak terkawal. Les Bleus memimpin 1-0.

Di waktu yang tersisa, pasukan Didier Deschamps terus menekan pertahanan The Eagles. Hasilnya, Prancis menggandakan keunggulan berkat gol bunuh diri Yobo di masa injury time.

Prancis mampu menjaga keunggulan 2-0 hingga pertandingan selesai. Tiket ke perempat final pun menjadi milik mereka.

Prancis: Lloris, Debuchy, Evra, Koscielny, Varane, Cabaye, Valbuena, Giroud, Benzema, Matuidi, Pogba

Nigeria: Enyeama, Yobo, Ambrose, Musa, Odemwingie, Emenike, Mikel, Moses, Oshaniwa, Onazi, Omeruo