Ngomongin sepeda lipat memang nggak bisa lepas dari Brompton. Seli yang satu ini memang terkenal dengan harganya yang mahal karena fleksibilitasnya.banner-ads

Tapi ada banyak sepeda lipat mahal lainnya selain Brompton. Kalau lo punya uang untuk beli Brompton tapi nggak mau sama dengan yang lainnya, mungkin bisa jadi alternatif.

1. The G3



Yang satu ini bukan cuma praktis dibawa, tapi juga memanjakan gowesernya. The G3 adalah sepeda lipat elektrik yang semua perangkatnya ada di balik rangka dengan desain lucu.

Frame itu terbuat dari magnesium. Biar bannya kecil, sepeda ini bisa ngebut sampai 36 kilometer per jam dengan daya jelajah hingga 80 kilometer untuk setiap sekali pengisian.

Buat lo yang tertarik, The G3 dibanderol Rp 51 juta.


2. Hummingbird



Selanjutnya ada Hummingbird yang desainnya juga nggak kalah cantik. Frame sepeda ini terbuat dari serat karbon untuk menunjang wheelset 16 hingga 20 inci.

Sepeda yang dibikin di Inggris ini memang mengedepankan mekanika dan desainnya. Versi paling murah dari Hummingbird seharga $ 1.600.


3. Allen Sports Ultra X



Kalau lo nggak mau seperti alien di jalanan dengan sepeda lipat mahal, coba lirik Allen Sports Ultra X. Desain sepeda ini terlihat cukup umum untuk harga kisaran $ 5 ribuan.

Tapi Allen Sport Ultra X adalah salah satu yang paling ringan. Bahkan Brompton dengan wheelset paling kecil saja masih lebih berat 4 lbs. Hasil itu didapat bukan dari framenya yang terbuat dari karbon, tapi juga fork, seatpost, stang, velg, crankset sampai sadelnya juga.

Ngebut juga jadi jagoan Allen Sports Ultra X karena punya 20 percepatan gigi yang rasionya sudah diatur nyaman untuk segala medan.


4. Dahon Clinch



Kalau sering melihat sepeda Dahon berkeliaran di jalan, ini adalah versi tertingginya. Clinch ada seri unggulan yang punya beberapa versi dengan harga $ 2 ribu hingga $ 5 ribuan.

Desainnya sekilas mungkin terlihat biasa saja, tapi Dahon mengklaim ini yang paling kuat dibandingkan dari pesaingnya. Bahkan Dahon mendapatkan beberapa penghargaan atas kekuatan dan desain frame miliknya.


5. Helix



Terakhir yang bisa menjadi pilihan adalah Helix dengan harga sekitar $ 1.500. Helix punya kelebihan desain setelah sepeda ini dilipat, hampir nggak ada bedanya dengan wheelset yang terpasang sebesar 24 inch.

Frame dan forknya dibuat dari bahan dasar titanium. Helix juga punya pilihan gear dari Shimano mulai single, 10 hingga 11 percepatan.