Pada dasarnya basket merupakan olahraga jalanan. Menjadi berbeda dengan basket pada umumnya, karena streetball bisa dimainkan di lapangan outdoor dengan peraturan yang tidak terlalu ketat, alias keluar dari pakem. Hal ini yang membuat loe bisa menunjukkan ketrampilan atau skill loe karena kebebasan mutlak loe miliki dalam streetball. Bahkan dengan keterbatasan fasilitas pun sebenarnya loe masih bisa main basket. Everything you need is just a ball and hoop. That’s it.

banner-ads

Jadi, streetball bisa loe mainkan di mana saja selama loe punya bola dan ring basket. Akarnya menjadi kuat ketika loe sudah tertempa kuat di jalanan, sebelum pada akhirnya loe berkompetisi di pertandingan resmi atau profesional.

Nah, di NBA saat ini ada kecenderungan untuk melupakan elemen basket jalanan (baca: streetball) tersebut. Di NBA yang mereka pedulikan hanyalah bagaimana loe meraih poin, baik dari shot,assistrebound atau stealankle breaker dengan jurus crossover yang mematikan. That’s how you entertain the audiences, wouldn’t it be such additional vitamins for you on the court, right?

Tapi ternyata masih ada, lho, pemain basket yang selalu tampil menghibur di sepanjang karirnya. Mereka sama sekali tidak melupakan seni bola basket jalanan, and also it’s all because they actually are streetballers. Who are they?

5. Rafel Aston

Sejatinya, Alston merupakan streetballer dan salah satu personel AND1 Streetball pada masanya. Kemampuan Alston AKA Skip 2 My Lou dalam mengontrol bola, membuat guard ini pernah perkuat tim-tim besar NBA seperti Miami Heat, Houston Rockets dan Orlando Magic, pada pertengahan hingga akhir 2000an.

4. Vince Carter

Usianya mungkin sudah tak lagi muda, kala saat ini ia masih perkuat Dallas Mavericks. Namun, di masa keemasannya dulu, Vince Carter dikenal sebagai versatile player yang dahsyat dalam melakukan dunk. Satu kelebihannya ini lah yang membuatnya dijadikan salah satu role model para dunkers, di NBA saat ini.

3. Jason Williams

Menjalani 12 musim sepanjang karirnya di NBA, Williams pernah memperkuat 4 tim berbeda, yakni Sacramento Kings, Memphis Grizzlies, Miami Heat dan Orlando Magic. Pengamat melihatnya sebagai point guard yang membuat basket menjadi mudah untuk dimainkan, dengan torehan assists nya yang brilian.Crossover mematikan juga menjadi andalan pria yang pernah menjuarai titel NBA pada tahun 2006 ini.

2. Jamal Crawford

Jangan coba-coba mengawal orang ini kalau loe tidak mau dipermalukan sedemikian rupa. Sebab selaincrossover mautnya. So, that's why he's also known as J-Cross, bro!

1. Allen Iverson

Is there any words that can describe how great he is?! Yes, there would never be another guy like him anymore..

Iverson adalah pemain yang selalu membawa jiwa dan semangat Streetball ke dalam arena NBA. Penampilannya selalu menghibur, bahkan dengan tubuhnya yang terbilang kecil (183 cm) ia berani berduel dengan para raksasa NBA. Point Guard yang bersinar bersama Philadelphia 76ers pun memiliki skill dan tingkat kreativitas di atas rata-rata. Tak heran, pemain sekaliber LeBron James hingga Dwyane Wade pun mengagumi The Answer.