Pada tahun 2021, VR46 mengumumkan akan memperluas ke MotoGP, setelah menjalankan tim di Moto3 dan Moto2 sebelumnya. Asal usul MotoGP VR46 diselimuti kontroversi sejak awal ketika sebuah perusahaan Saudi yang dikenal sebagai Tanal Entertainment mengumumkan raksasa minyak Aramco akan menjadi sponsor utama tim.banner-ads

Namun, seorang perwakilan dari Aramco mengatakan tak lama setelah itu, tidak ada kesepakatan dengan VR46. VR46 mengumumkan akhir tahun lalu bahwa sponsor akan datang dari perusahaan perbankan Italia Mooney, mengakhiri kisah Aramco.

Baca Juga: Sebelum ke Mandalika, Pelajari Dulu MotoGP, Moto2, dan Moto3



VR46 akan menurunkan Luca Marini, dengan Marco Bezzecchi yang naik ke kelas utama. Marini akan mengendarai Ducati pabrikan, sementara Bezzecchi akan menjadi salah satu dari tiga pembalap yang memakai mesin Ducati 2021 musim ini.

Seperti halnya di Moto2 dan Moto3, VR46 akan dipimpin oleh Pablo Nieto. Sementara Rossi tidak mungkin memiliki banyak kehadiran pada tahun 2022 karena ia berfokus pada program GT World Challenge Europe dengan WRT dan Audi.

Marini mengakui tak ada perasaan berbeda dari biasanya.

“Tetapi yang paling pasti akan berubah adalah di Eropa, karena dengan motornya semua pembalap VR46 Academy dan saya terutama, kami memiliki poin kunci di motornya untuk bertemu satu sama lain dan untuk berbicara tentang trek, kondisi, ban," tuturnya.



Rekan setim Marini, Bezzecchi, menambahkan bahwa melakukan debut MotoGP bersama tim Rossi adalah sesuatu yang membuatnya sangat bangga.

“Tentu saja ini sangat, sangat spesial bagi saya karena pada akhirnya dia selalu menjadi idola saya, pembalap favorit saya, inspirasi saya juga,” kata Bezzecchi tentang balapan untuk Rossi.



“Bagi saya itu spesial. Saya sangat bangga dan sangat senang berada di tim ini. Kemarin saya mengirim SMS ke Vale dan dia juga sangat senang. Jadi, saya tidak sabar.”