Sudah bukan rahasia lagi kalau produk keluaran dari Jepang punya kualitas oke. Bukan cuma elektronik dan otomotif saja, sepeda juga jadi salah satunya.

banner-ads

Meski nggak sepopuler di negara lainnya, tapi Jepang juga salah satu yang penduduknya mempercayakan sepeda sebagai alat transportasi. Negeri Matahari Terbit bahkan sudah mulai memproduksi sendiri sepeda sejak Perang Dunia II selesai.

Sejak saat itu, Jepang sekarang sudah punya lebih dari 90 brand yang bermain di pasar sepeda. Puncak kejayaan sepeda asal Jepang adalah pada tahun '70-an, ketika berhasil mengekspor sepeda ke Amerika Serikat.

Baca Juga: Rekomendasi Jersey Sepeda di Cuaca Panas

Lagi-lagi, kalau ngomongin kualitas, sepeda asal Jepang bukan kaleng-kaleng. Sepeda asal Negeri Sakura bahkan bisa menahan beban lebih dari 150 kg.

Nah, dengan alasan kualitas itu, sepeda bekas buatan brand Jepang juga jadi sasaran. Bahkan di Indonesia sepeda-sepeda itu punya harga tinggi.

Yang paling terkenal dan mungkin lo pernah melihatnya adalah National yang sekarang berganti nama menjadi Panasonic. Meski begitu sepeda dengan nama National yang sudah jelas-jelas lebih lawas tetap diburu.

Di beberapa e-commerce, merek ini bahkan sampai di angka Rp 4 juta lebih dengan kondisi baik. Buat yang nggak paham-paham banget mungkin sudah memilih sepeda baru di harga segitu.

Padahal sepeda National juga punya material yang oke, seperti rim dari Araya berbahan stainless steel dan yang lainnya.

Merek selanjutnya adalah Maruishi. Dua sepeda ini memang identik dengan model vintage. Lo bisa meminangnya dengan harga Rp 3 jutaan kalau beruntung.

Sebagai opsinya, lo juga bisa hunting beberapa sepeda asal Jepang dengan merek Sekine, Marukin hingga Shimano yang lagi banyak diburu pesepeda di Jakarta.