Pedro Acosta jadi satu-satunya calon pembalap baru di MotoGP 2024, dan dia bakal diajarin sama salah satu legenda MotoGP, Dani Pedrosa.

banner-ads

Apa yang Dani Pedrosa lakuin ke Pedro Acosta, mirip kayak yang Valentino Rossi lakuin ke Francesco Bagnaia, yang bikin pembalapnya bisa jadi juara dunia MotoGP.

Dani Pedrosa jadi mentor Pedro Acosta, diharapkan bisa bikin "Si Anak Ajaib" bisa berbicara banyak di MotoGP 2024.

Baca Juga: 10 Fakta Alex Marquez, Kontrak Gresini hingga MotoGP 2025

Acosta udah jadi sorotan sejak debutnya di grand prix dan udah dapet dua gelar juara dunia di Moto3 dan Moto2 dalam tiga tahun terakhir. Dia debut pake motor KTM RC16 yang dikembangin Pedrosa sejak 2019.

Pas pertama kali nyoba motor MotoGP, Acosta finish di posisi ke-18 atau beda 1,223 detik dari pembalap tercepat. Walaupun beda waktu lapnya masih jauh, Acosta udah keliatan nyaman di atas motor MotoGP yang lebih rumit, salah satunya karena teknologi kontrol elektronik yang lebih canggih.

"Saya gak bisa bilang gue cepet dari awal, saya punya banyak tombol buat dipencet dan kadang ngejalanin motor sambil ketawa," ucapnya.

"Saya pikir gue bisa ngejaga kecepatan yang oke dan penting buat ngerti cara elektronik, rem, ban, dapetin gambaran secara umum."

Baca Juga: Deretan Pembalap Rekor Kecelakaan Tertinggi di MotoGP 2023

"Kita bangun dasar biar kecepatannya dateng dengan sendirinya."

Sebagai perbandingan, pas Marc Marquez, yang sering dibandingin sama Acosta karena sama-sama "Ajaib", debut di MotoGP November 2012, kecepatannya juga gak istimewa.

Dengan tes pasca-musim yang lebih lama, dua hari, Marquez selesai debut dengan selisih waktu 1,081 detik dari pembalap tercepat yaitu... Pedrosa. Pedrosa sendiri sempet ngobrol sama Acosta sebelum tes dimulai.

"Saya sempet ngobrol sama Pedro (sebelum tes)," kata Pedrosa.

"Saya cuma nyoba kasih beberapa saran soal ban, yang paling penting di awal," tambahnya.

Adaptasi sama ban memang jadi langkah pertama Acosta. Soalnya, kelas MotoGP punya ban dari produsen beda dengan Moto2 dan Moto3. Semua tim MotoGP pake ban Michelin, sementara Dunlop nangani Moto2 dan Moto3 sampe akhir musim lalu.

Nah, belajar ngatur ban sampe nemu kompon yang pas buat balapan juga harus dilalui Acosta kalo mau tunjukin talentanya sebanyak mungkin. Soal pilih kompon ban, ini gak semudah yang dibayangin. Bahkan pembalap berpengalaman bisa bikin kesalahan.

Untuk update seputar MotoGP 2024 follow akun sosial media Bold Riders!