Alex Marquez adalah salah satu rider yang bersinar di MotoGP musim 2023. Memang dia bukan juaranya, tapi aksinya di setiap seri menarik banget dan sering ngasih kejutan.

banner-ads

Hal itu juga diyakini sama Gresini Racing yang ngasih dia kontrak tambahan. Nah, ini dia 10 fakta menarik soal kontrak Alex Marquez dan Gresini Racing.

1. Alex Marquez Juara Dunia Moto3 dan Moto2

Juara Dunia Moto3 dan Moto2

Baca Juga: Pentingnya MotoGP Mandalika Buat Alex Marquez

Bakat Alex Marquez memang mumpuni banget di balap motor, sama kayak kakaknya, Marc Marquez. Balapan kelas profesional pertamanya di Moto 3 aja bikin dia langsung naik podium pertama di pembuka musim di Qatar.

Dari balapan pertama pada 2012, dua tahun setelahnya Alex Marquez dapat gelar juara dunia Moto3. Dia adalah pembalap termuda yang pernah dapat gelar itu.

Naik kelas, 2019 Alex Marquez dapat gelar juara dunia Moto2. Prestasi ini bikin dia dikontrak Honda buat balapan di MotoGP 2020.

2. Filosofi Nomor 73

Filosofi Nomor 73

Sebelum bahas lebih jauh soal fakta kontrak Alex Marquez di Gresini Racing, lo harus tau dulu kalau adik Marc Marquez ini pakai nomor 73 di MotoGP. Kenapa 73?

Baca Juga: Weekend Alex Marquez Nyaris Sempurna di Sepang

Angka itu adalah hasil pengurangan 96-23. Nah, 96 adalah tahun lain Alex Marquez, kalau 23 itu tanggal lahir dia.

3. Alex Dikontrak Gresini Racing

Dikontrak Gresini Racing

Setelah setahun bareng Repsol Honda, Alex Marquez ke LCR Honda di musim 2021. Baru pada 2022 dia memutuskan meneruskan kariernya bareng Gresini Racing.

Kontrak awal itu berisi Alex Marquez bakal balapan bareng Gresini Racing sampai akhir 2023.

"Tim ini memiliki sejarah yang panjang dan sukses di MotoGP. Saya yakin bahwa mereka bisa membantu saya untuk berkembang dan meraih hasil yang lebih baik," kata dia.

4. Alex Marquez Bikin Penasaran Bos Ducati

Bikin Penasaran Bos Ducati

Kehadiran Marquez di tim Ducati benar-benar bikin senang bos-bos Tim Merah, kayak Gigi Dall'Igna, Paolo Ciabatti, dan Davide Tardozzi. Mereka pada penasaran banget sama performa 'El Pistolas' ini, dan malah dukung dia buat ngasih perlawanan keren ke Marc Marquez yang masih gaspol di Repsol Honda.

5. Dikasih Motor Lama

Dikasih Motor Lama

Marquez cuma dapetin motor Desmosedici GP22, bukan GP23. Tapi, motor itu udah sukses banget bawa Pecco Bagnaia jadi juara MotoGP 2022. Karena itu, dia jadi optimis bisa tampil lebih oke.

6. Ducati Bukan Honda

Ducati Bukan Honda

Perbedaan langsung dirasain sama Alex Marquez pas pertama kali nyobain Ducati. Dia bilang motor ini punya keunggulan di power dan akselerasi. Kayaknya memang ini deh yang jadi alasan Marc Marquez juga akhirnya ke Ducati.

7. Musim Awal Bersama Gresini, Alex Banjir Kritikan

Banjir Kritikan

Musim pertama Alex Marquez bareng Gresini Racing Team gak gampang. Dia dikritik banyak orang karena dianggap gak sukses menjadi pengganti Jorge Lorenzo yang pensiun karena cedera punggung.

8. Pembuktian Alex Marquez

Pembuktian

Kritik dijawab Alex Marquez pakai pembuktian, bro. Meski empat kali gagal finish di musim 2023, tapi Alex Marquez terbilang masih sangat kompetitif.

Catatan terbaik Alex Marquez naik podium setelah dia finis ketiga di MotoGP Argentina. Dia juga masuk ke zona delapan besar di empat seri balapan lainnya.

9. Perpanjang Kontrak Bersama Gresini 

Perpanjang Kontrak

Raihan itu juga dicatat sama Gresini Racing. Potensi Alex Marquez diyakini masih gede.

Makanya tim satelit Ducati itu mau ngasih kontrak baru buat rider dengan nomor 73 ini di bulan Agustus 2023, sebelum musim MotoGP 2023 selesai malah.

10. Alex Optimis di MotoGP Musim 2024

Optimis di Musim 2024

MotoGP Musim 2024 udah dimulai. Alex Marquez menatap musim ini dengan begitu optimis. Apalagi, dia juga sudah dikasih kontrak baru dari Gresini Racing.

Musim lalu dia ngaku masih adaptasi sama motor baru. Tapi menurutnya Gresini Racing ngasih dukungan dan perhatian buat dia biar sama-sama bisa berkembang.

"Saya sangat gembira bisa melanjutkan karir di musim depan (2024) bersama keluarga Gresini. Saya selalu merasa berada di rumah sejak hari pertama saya di garasi ini."