Bolanews.com --- Jepang yang membutuhkan kemenangan besar untuk membuka peluang lolos ke babak 16 besar, bermain di bawah tekanan atas Kolombia. Sempat menahan imbang di babak pertama, di babak kedua semuanya menjadi milik Los Cafeteros.

banner-ads

Kolombia berhasil unggul terlebih dahulu melalui eksekusi tendangan penalti Juan Cuadrado pada menit ke-17. Hal ini diakibatkan pelanggaran Yasuyuki Konno di kotak penalti sendiri kepada Adrian Ramos.

Setelah tertinggal, Jepang mampu bermain lebih baik dan menekan Kolombia. Beberapa peluang melalui tendangan bebas Keisuke Honda dan percobaan dari Shinji Kagawa, Yoshito Okubo dan Atsuto Uchida masih babak menjadi gol.

Akhirnya Jepang berhasil mencetak gol melalui tandukkan Okazaki di menit ke-45+1. Hasil imbang 1-1 ini bertahan hingga turun minum dan sempat memberikan asa kepada Tim Samurai Biru.

Namun, di babak kedua Kolombia tampil sangat perkasa. Masuknya bintang James Rodriguez menggantikan Juan Cuadrado dan Carlos Carbonero menggantikan Juan Quintero menjadi kunci menenangan Los Cafeteros.

Tiga gol Kolombia yang tercipta lahir berkat kreasi dari James Rodriguez. Dua gol dari Jackson Martinez pada menit ke-55 dan 82 lahir berkat assist James. Gol ketiga yang lahir di menit ke-89 pun tercipta berkat sontekannya di depan gawang Eiji Kawashima.

Kemenangan 4-1 Kolombia ini membawa mereka menjadi pemuncak Grup C dengan poin sempurna, sembilan dan akan menantang runner-up Grup D, Uruguay di babak 16 Besar.

Susunan pemain Jepang vs Kolombia:
Jepang XI: Kawashima, Konno, Uchida, Yoshida, Nagatomo, Hasebe, Aoyama (62' Yamaguchi), Honda, Okazaki (69' Kakitani), Kagawa (85' Kiyotake), Okubo.

Kolombia XI: Ospina (85' Mondragon), Armero, Valdés, Arias, Álvarez, Mejía, Guarín, Cuadrado (46' James), Ramos, Martínez, Quintero (46' Carbonero).