LCR didirikan oleh orang Italia itu pada tahun 1996, ketika ia membalap di kejuaraan dunia 125cc. Skuadnya berkembang menjadi kelas 250cc pada tahun 2002.banner-ads

LCR naik ke MotoGP pada tahun 2006 sebagai tim satelit Honda, menurunkan rookie Casey Stoner tahun itu. Skuad itu juga tetap mempertahankan satu pembalap hingga 2015.

Lalu datang Cal Crutchlow dan Jack Miller yang mengubah susunan menjadi tim dua motor. LCR telah memenangkan tiga balapan kelas premier berkat Crutchlow di Grand Prix Ceko 2016, di Australia dan di Belanda 2018.



Pada 2021, LCR akan menurunkan juara dunia Moto2 Alex Marquez dan Takaaki Nakagami dengan RC213V yang didukung penuh pabrikan.

“Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk mengumumkan bahwa LCR baru-baru ini memperbarui kontrak MotoGP dengan IRTA dan Dorna hingga 2026. Saya bersyukur bisa terus berkompetisi di kategori kelas utama selama lima tahun lagi dan saya tidak sabar untuk memulai babak baru dalam sejarah LCR dengan kedua pembalap kami Takaaki Nakagami dan Alex Marquez dengan motor pabrikan!” ungkap Lucio Cecchinello.

LCR adalah skuad satelit kedua yang mengkonfirmasi keikutsertaannya di MotoGP setelah 2021. Sebelumnya Gresini mengumumkan pada Desember akan berhenti kerjasama dengan pabrikan Aprilia mulai 2022 dan kembali menjadi tim independen.

Dari pabrikan, dua tim sudah berkomitmen untuk MotoGP setelah 2022 yaitu KTM dan Ducati. Sisanya diharapkan menandatangani kesepakatan baru.

Beberapa tim baru juga telah dikait-kaitkan dengan potensi slot grid MotoGP 2022. Skuad Leopard dan VR46 milik Valentino Rossi begitu besar menunjukkan minat mereka.