Sebagai salah satu liga paling elit di dunia, Premier League yang jadi kasta teratas Liga Inggris ini berusaha menampilkan yang terbaik buat para penikmat sepak bola. Salah satu usaha tersebut adalah dengan memperkenalkan VAR pada awal musim ini.

banner-ads

Video Assistant Referee yang seharusnya punya dampak positif dan membuat permainan semakin berkembang, justru kebalikannya ketika diterapkan di Inggris. Malah lebih banyak keputusan kontroversial daripada sebelumnya dan juga lebih banyak pula konsekuensi yang diambil gak sesuai dengan pelanggaran yang terjadi.

Bulan lalu, sempat ada wacana bahwa persatuan wasit akan mengadakan pertemuan mendadak. Pertemuan tersebut untuk mendiskusikan kemungkinan memberikan wewenang kepada pelatih untuk ikut mengambil keputusan berkaitan dengan VAR.

Namun, belakangan kabarnya wacana itu ganti dengan wacana kebijakan yang lain, Bro. Rencananya, para wasit yang bertugas dan mengambil keputusan dari VAR bakal bisa menjelaskan secara langsung mengenai keputusan yang mereka ambil kepada para penonton yang ada di stadion.

Cara serupa udah dipakai di National Football League, kasta tertinggi liga American Football di Amerika Serikat.

Banyak yang menilai menjelaskan keputusan yang diambil kepada penonton lebih masuk akal daripada memberikan para pelatih sebuah wewenang untuk ikut mengambil keputusan.

Meskipun gak ada jaminan mengurangi keputusan kontroversial di atas lapangan, setidaknya pada penonton yang hadir jadi lebih paham mengapa sebuah keputusan perlu diambil setelah melihat tayangan ulang. Soalnya Bro, masih banyak penonton yang mungkin salah satu di antaranya adalah lo, yang kadang gak paham alasan di balik keputusan yang diambil pasca VAR.

Kira-kira, lo bakal setuju gak Bro kalau wacana ini diterapkan dalam waktu dekat?