Bolanews.com --- Brasil memastikan lolos ke semifinal Piala Dunia 2014 setelah mengalahkan Kolombia, Sabtu (5/7) dini hari WIB. Tim Samba menang 2-1 berkat dua gol yang dicetak Thiago Silva dan David Luiz.

banner-ads

Setelah memetik kemenangan atas Kolombia di Estadio Castelao, Fortaleza, Brasil akan menghadapi lawan sulit Jerman pada 8 Juli. Jerman adalah tim pertama yang sampai di empat besar usai menyingkirkan Prancis di perempat final.

Di laga kontra Kolombia pada babak pertama Brasil langsung unggul cepat. Pada menit ke-7 Thiago Silva membuka keunggulan dengan memaksimalkan umpan sepak pojok yang dilepaskan Neymar. Sang kapten Brasil dipastikan tidak bisa tampil di semifinal karena akumulasi kartu kuning.

Setelah gol tersebut Kolombia memperlihatkan performa yang lebih baik dan agresif. Alhasil, permainan saling serang diperlihatkan kedua tim di babak pertama.

Sejumlah peluang cukup berbahaya didapatkan Brasil dan Kolombia. Akan tetapi, hingga jeda Tim Samba tetap unggul 1-0.

Kolombia kembali memperlihatkan permainan agresif sejak awal babak kedua. Akan tetapi, tendangan bebas yang didapatkan skuat Luiz Felipe Scolari menjadikan Brasil unggul 2-0.

Ya, pada menit ke-69 David Luiz yang mengambil eksekusi tendangan besar mampu dikonversi menjadi gol. Bola tendangan kaki kanan Luiz menghujam tidak mampu dibendung kiper David Ospina.

Upaya Kolombia mencetak gol balasan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-80. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Julio Cesar terhadap James Rodriguez berujung hadiah tendangan penalti.

James Rodgriguez sendiri yang maju sebagai eksekutor tendangan penalti dan berhasil menjadi gol. Gol yang menjadikan skor 1-2 itu adalah torehan keenam di Piala Dunia 2014 dan membuatnya sebagai pencetak gol terbanyak sejauh ini.

Hingga pertandingan berakhir tidak ada lagi gol yang tercipta dan Brasil pun memastikan lolos ke semifinal. Akan tetapi, Scolari juga dibuat cemas karena Neymar terpaksa diganti pada menit ke-88 karena mengalami cedera.

Susunan pemain

Brasil: 12-Julio Cesar; 23-Maicon, 3-Thiago Silva, 4-David Luiz, 6-Marcelo; 5-Fernandinho, 8-Paulinho (18-Hernanes 86); 7-Hulk (16-Ramires 83), 11-Oscar, 10-Neymar (15-Henrique 88); 9-Fred.

Kolombia: 1-David Ospina; 18-Juan Zuniga, 2-Cristian Zapata, 3-Mario Yepes, 7-Pablo Armero; 6-Carlos Sanchez, 13-Fredy Guarin; 11-Juan Cuadrado (20-Juan Quintero 80), 10-James Rodriguez, 14-Victor Ibarbo (19-Adrian Ramos 46); 9-Teofilo Gutierrez (17-Carlos Bacca 70).