Bolanews.com --- Kosta Rika memastikan lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2014 dan akan menghadapi Belanda untuk memperebutkan satu tempat di semifinal.

Walau bermain dengan 10 pemain, Kosta Rika tetap berhasil memetik kemenangan atas Yunani lewat drama adu penalti karena selama 120 menit kedua tim bermain imbang 1-1.

Itu merupakan sukses pertama sepanjang sejarah Kosta Rika lolos ke babak perempat final di Piala Dunia.

Kosta Rika tampil sedikit lebih dominan, namun Yunani bermain lebih efektif dalam menggencarkan serangan di babak pertama. Kosta Rika menguasai 54% penguasaan bola, sedangkan Yunani hanya 46%. Akan tetapi, Yunani berhasil mendapatkan tujuh peluang berbanding dua dengan Kosta Rika, di mana empat diantaranya tepat sasaran.

Peluang terbaik pasukan Jose Luis Pinto tercipta pada menit ke-5. Tendangan Christian Gamboa memanfaatkan umpan dari Bryan Ruiz masih mampu diantisipasi kiper Orestis Karnezis.

Yunani memiliki beberapa peluang bagus sepanjang babak pertama yang belum maksimal. Salah satunya yang hampir membuka keunggulan terjadi pada menit ke-37.

Berawal dari umpan silang Jose Holebas, Dimitris Saplingidis melepaskan tendangan dari jarak cukup dekat. Akan tetapi, masih bisa digagalkan kiper Keylor Navas. Hingga jeda pun skor imbang 0-0.

Di babak kedua Kosta Rica berhasil memecahkan kebuntuan serangan pada menit ke-52. Gol tersebut diciptakan Bryan Ruiz dengan melepaskan tendangan terukur menyusur tanah ke arah pojok gawang Yunani memaksimalkan umpan yang dilepaskan Christian Bolanos.

Setelah unggul 1-0 Kosta Rika malah mengalami kerugian karena harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-66. Ya, wasit memberikan Oscar Duarte kartu kuning kedua usai dianggap cukup keras menjegal jose Holebas.

Yunani pun berhasil memanfaatkan keuntungan jumlah pemain dengan lebih gencar dalam menyerang. Gol yang dinanti pun akhirnya datang pada masa tambahan waktu di babak kedua.

Berawal dari tembakan jarak dekat Theofanis Gekas yang masih sanggup ditepis kiper Keylor Navas. Akan tetapi, bola rebound jatuh di kaki Sokratis Papastathopoulos yang langsung melepaskan tembakan dan tidak lagi bisa diantisipasi Navas. Skor pun imbang 1-1 dan harus dilakukan perpanjangan waktu 2x15 menit karena hingga babak kedua usai Kosta Rika tetap bermain imbang lawan Yunani.

Keunggulan jumlah pemain menjadikan Yunani tampil dominan pada masa perpanjangan waktu. Beberapa peluang bagus yang diciptakan Theofanis Gekas, Kostas Katsouranis, dan Lazaros Christodoulopoulos namun tetap tidak maksimal. Setelah laga berlangsung 120 menit tetap imbang, adu tendangan penalti pun tidak terhindarkan.

Lima pemain Kosta Rika berhasil sukses mencetak gol dalam drama adu penalti, yakni Celso Borges, Bryan Ruiz, Giancarlo Gonzalez, Joel Campbell, dan Michael Umana. Sementara itu, tiga penendang pertama Yunani juga berhasil mencetak gol, yakni Kostas Mitroglou, Christodoulopoulos, dan Jose Cholevas.

Namun, Gekas yang maju sebagai penendang keempat Yunani menjadi satu-satunya pemain yang gagal mencetak gol karena tendangannya mampu ditepis Navas. Kosta Rika pun memastikan maju ke babak perempat final Piala Dunia 2014 dan akan berhadapan dengan Belanda yang sukses menyingkirkan Meksiko.

Susunan pemain

Kosta Rika: 1-Keylor Navas; 16-Christian Gamboa (2-Johnny Acosta 77), 6-Oscar Duarte, 3-Geancarlo Gonzalez, 4-Michael Umana, 15-Junior Diaz; 10-Bryan Ruiz, 5-Celso Borges, Yeltsin Tejeda (22-Jose Cubero 66), 7-Cristian Bolanos (14-Randall Brenes 83); 9-Joel Campbell.

Yunani: 1-Orestis Karnezis; 15-Vassilis Torosidis; 4-Kostas Manolas, 19-Sokratis Papastathopoulos, 20-Jose Holebas; 2-Giannis Maniatis (21-Kostas Katsouranis 78), 10-Giorgios Karagounis, 22-Andreas Samaris (9-Kostas Mitroglou 58); 14-Dimitris Saplingidis (17-Theofanis Gekas 69), 16-Lazaros Christodoulopoulos; 7-Giorgios Samaras.