Sepeda lipat selama beberapa tahun terakhir jadi primadona. Bahkan karena pandemi, banyak yang bersepeda, terus memutuskan memilih sepeda lipat.  

banner-ads

Salah satu alasannya mungkin karena Brompton yang jadi kiblat sepeda lipat itu. Tapi apa kabar sepeda lipat lo sekarang?

Baca Juga: Cara Helm Sepeda Anti Bau dan Bakteri

Kalau masih dipakai, lo keren. Cuma kalau memang nggak ada waktu buat gowes, ya paling nggak dirawat lah, bro.

Nggak susah kok ngerawat sepeda lipat. Basically sama seperti sepeda pada umumnya. Lo harus rajin membersihkan frame dan part lainnya. Semakin lama debu menempel, semakin besar kemungkinan warnanya jadi kusam.

Sesekali juga lo harus pastikan part-nya bekerja dengan baik. Salah satu yang penting adalah RD dan rem.

Nggak apa-apa kalau nggak dipakai, tapi melumasi rantai hukumnya wajib biar terhindar dari karat. Karena rantai yang sehat berpengaruh ke performa sepeda.

Kalau lo parkir sepedanya di lantai, putar bannya. Jangan biarkan ban menapak secara terus menerus di salah satu bagian yang sama. Memutar ban memungkinkan bagian atau sisi ban lain akan menjadi tumpuan berat sepeda, jadi ban lebih awet.

Terakhir, ini yang paling beda antara sepeda lipat dan yang lainnya. Perhatikan engsel lipatan sepeda. Awas, bagian ini rentan kotor dan berkarat.

Sesekali lipat dan rakit lagi sepeda lo. Pemanasan aja, bro, biar nggak kaku-kaku banget.