Belakangan, di Indonesia, hujan turun hampir setiap hari. Buat lo yang suka berpeseda, situasi ini kadang memang bikin mager.banner-ads

Tapi jangan sampai hujan mengalahkan semangat lo buat bersepeda dong. Libas aja, yang penting semua sudah disiapkan sebelum berangkat. Bukan cuma kenyamanan, keamanan bersepeda saat hujan juga penting banget.

Yang sudah pasti gunakan jas hujan, lebih baik lagi kalau ada jaket hujan. Ingat, jangan pakai jas hujan terusan atau yang biasa dikenal dengan nama ponco. Lo bisa pilih jas hujan dengan celana. Untuk alasan keamanan, pilih juga jas hujan yang warnanya terang, ya!



Jangan lupa tutup juga tas atau barang lainnya yang lo bawa dengan bag cover. Biar nggak was-was, ada baiknya semua gadget masuk ke tas plastik. Buat lo yang nggak pengen baju kotor, siapkan juga spakbor.

Sekali lagi, ini untuk alasan keamanan. Sebaiknya sepeda dipasangkan lampu. Sekecil apapun lampu yang ada di sepeda akan sangat membantu kendaraan lain untuk melihat ada lo di situ.

Perhatikan juga tekanan ban di sepeda. Untuk jalanan licin, jangan set tekanan tinggi untuk ban. Tapi lo juga harus kira-kira, jangan sampai ban jadi lepas dari velg karena terlalu rendah tekanannya.

Kalau sudah tahu bakal menerobos hujan dengan sepeda, ganti ban dengan yang lebih tangguh. Lo bisa pakai Continental 4 Season atau Gatorskin, Pirelli P Zero Velo 4S, Schwalbe Durano, dan lain-lain. Tipe-tipe ban tadi memang nggak kasih kenikmatan berkendara ringan, tapi kalau sedang hujan tangguh adalah yang utama.



Berikutnya lo bisa pakai kacamata biar pandangan nggak terganggu sama air yang masuk ke dalam mata. Memang kacanya jadi basah, tapi kayaknya itu lebih baik daripada mata lo sakit karena air hujan atau cipratan kotoran dari ban kendaraan lain. Kalau mau lebih nyaman, pakai juga cycling cap untuk menghalau air.

Jangan lupa juga bawa bike tools. Ini sih nggak saat hujan juga penting untuk dibawa.

Terakhir, saat sampai di tujuan, sebaiknya langsung bersihkan sepeda. Lo bisa utamakan bagian yang paling sensitif, seperti rantai, sproket, hub dan lain-lain. Pastikan bagian-bagian itu juga kembali kering. Kalau perlu, semprot lagi dengan lubricant.