Nilai jual alias market value adalah sebuah atribut yang dimiliki para pemain bola atas kemampuannya bermain di atas lapangan. Semakin besar nilai jual seorang pemain di bursa transfer, kemungkinan kemampuan mereka juga semakin hebat karena klub sampai memagari mereka dengan harga yang tinggi.

banner-ads

Performa yang mumpuni sepanjang musim bakal bikin nilai jual seorang pemain naik, begitupun sebaliknya ketika mereka bermain gak konsisten, bisa aja nilai mereka di bursa transfer turun drastis.

Berikut ini adalah beberapa pemain di Premier League yang mengalami penurunan nilai jual secara drastis karena performa mereka yang gak konsisten di atas lapangan.

John Stones - Manchester United

Nilai jual di awal musim: 54 juta pounds
Nilai jual sekarang: 40,5 juta pounds (berkurang sekitar 13,5 juta pounds)

Manchester City emang jadi pesaing Liverpool selama beberapa waktu sebelum akhirnya tertinggal 25 poin di papan klasemen. Namun, bek muda Inggris yang dibeli mahal oleh ManCity ini bermain kurang konsisten di atas lapangan. Dirinya juga hanya tampil sebanyak 20 kali di semua kompetisi musim ini.

David De Gea - Manchester United

Nilai jual di awal musim: 58,5 juta pounds
Nilai jual sekarang: 45 juta pounds (berkurang sekitar 13,5 juta pounds)

Well, performa De Gea emang angin-anginan musim ini. Bahkan dirinya sering disalahkan untuk performa tim yang juga gak menentu, bahkan dirinya beberapa kali bikin blunder yang berakibat fatal. Performa ini sejalan dengan nilai jualnya yang turun drastis.

Jesse Lingard - Manchester United

Nilai jual di awal musim: 36 juta pounds
Nilai jual sekarang: 19, 8 juta pounds (berkurang sekitar 16,2 juta pounds)

Lingard, pemain ini pasti bikin lo yang fans MU gregetan musim ini. Soalnya di Premier League, Lingard gak bisa bikin gol dan assist sama sekali. Selain itu uman yang dilakukannya sering gak akurat dan akhirnya Lingard membuang kesempatan yang ada di depan gawang.

Naby Keita - Liverpool

Nilai jual di awal musim 54 juta pounds
Nilai jual sekarang: 37,8 juta pounds (berkurang sekitar 16,2 juta pounds)

Kepa Arrizabalaga - Chelsea

Nilai jual di awal musim: 54 juta pounds
Nilai jual sekarang: 36 juta pounds (berkurang sekitar 18 juta pounds)

Kepa ada di puncak sebuah daftar yang mungkin gak diinginkan oleh semua pemain di Premier League. Tapi kalau melihat performa Kepa yang bisa dibilang buruk musim ini, rasanya wajar jika nilai jual dirinya di bursa transfer berkurang drastis. Padahal, Kepa jadi kiper termahal di dunia saat pertama kali datang ke Premier League.

Meski nilai jual mereka turun, kemungkinan para pemain ini juga gak bakal langsung laku dibeli klub lain di bursa transfer nanti. Apakah lo termasuk salah satu orang yang pengen mereka pindah dari klub mereka saat ini karena performa yang menurun?