Tom Sykes adalah seorang pembalap motor profesional yang rutin berlaga di Superbike sejak 2008. Sebagai salah satu pembalap superbike tersukses dalam sejarah, Sykes telah berhasil mengamankan dan memegang sejumlah rekor.

Ia memasuki balap profesional pada 2003. Tom dengan cepat menunjukkan keahliannya di trek yang membuatnya dengan cepat mencapai WSBK.

Ini fakta pembalap dengan motor jalanan tercepat:

1. Supersport Division

Baca Juga: 13 Fakta Alex Marquez Pembalap Gresini Racing di MotoGP 2023


Foto : istimewa

Ketika Sykes memasuki Divisi Supersport British Superbike Championship, dia membalap dengan Suzuki di kelas BSS. Pada 2004, ia berhasil mengamankan tempat ke-10 di Silverstone sebelum naik ke tempat ke-2 di Cadwell Park dan Oulton Park.

Sykes berhasil memenangkan balapan pertamanya pada 2005 di Oulton Park. Sykes terus berkompetisi di divisi tersebut selama tiga tahun sebelum dipromosikan ke British Superbike Championship pada 2007.

2. Yamaha Motor Italia


Foto : istimewa

Ketika berbicara tentang karir Tom Sykes, lo tidak bisa mengabaikan peran yang dimainkan Yamaha. Yamaha Motor Italia mengontrak Sykes kembali pada tahun 2009. Kala itu, mereka menjadikannya taruhan besar bagi tim.

Tindakan percaya diri ini membantu Sykes bersaing di WSBK dan mendapatkan pengalaman penting yang terbukti berharga.

3. Superbike World Championship


Foto : istimewa

Sykes berhasil memasuki Kejuaraan Dunia Superbike pada tahun 2008 bersama Suzuki. Ia kemudian berkompetisi dengan Yamaha pada 2009 sebelum pindah ke Kawasaki pada 2010. Namun, kemenangan pertamanya diraih di Nurburgring pada 2011.

Pada tahun berikutnya Sykes mengumpulkan 357,5 poin untuk mengamankan tempat kedua secara keseluruhan. Sykes memenangkan empat balapan sepanjang musim, memenangkan balapan terakhir di Prancis pada akhir musim untuk finis kedua di kejuaraan.

4. Superbike Records


Foto : istimewa

Musim Superbike 2013 spesial bagi Sykes tetapi tidak dimulai dengan cara yang menjanjikan. Finish di posisi kelima dalam dua balapan pertama menempatkan Sykes di posisi terbelakang sementara gagal finish di MotorLand Aragon benar-benar membuat kejuaraan hanyalah mimpi.

Namun, Sykes berhasil naik podium di babak berikutnya sebelum menang di Sirkuit TT. Dia kemudian maju untuk mengamankan tempat di podium dalam enam balapan berikutnya. Sykes berhasil memenangkan enam balapan musim itu untuk mengumpulkan total 447 poin untuk mengamankan gelar WSBK.