Buat yang baru mau main sepeda atau bahkan nambah koleksi sepeda, kadang suka dibikin pusing sama pilihan ngerakit sepeda atau beli full bike ya?banner-ads

Dua-duanya pasti punya kelebihan dan kekurangan. Tapi sebaiknya lo harus tahu pilihan lo sebelum memutuskan.

Pertama cari tahu dulu informasi yang banyak soal sepeda. Kalau mau ngerakit atau beli full bike, jangan cuma cek harganya. Lo bisa tahu lebih dalam soal sepeda itu di situs resmi produsen atau review di YouTube. Cari tahu juga sebenernya lo butuh sepeda jenis MTB, urban, sepeda lipat, BMX atau yang lainnya.



Selanjutnya patok harga tertinggi buat belanja sepeda. Kalau lo beli full bike seharga sekian juta, harusnya harga yang sama juga lo terapkan buat ngerakit sepedanya.

Kemudian yang harus jadi perhatian juga soal waktu. Kapan lo mau pakai sepeda itu. Kalau dalam waktu dekat sudah ada rencana buat gowes, sebaiknya beli full bike.

Begitu juga sebaliknya, ngerakit sepeda butuh waktu dan ketelitian. Kalau lo nggak masalah sama urusan yang satu ini, mulai deh beli part, mulai dari frame, wheelset, groupset dan lainnya.



Nah, enaknya ngerakit sepeda adalah lo bisa sesuaikan sendiri part yang mau diaplikasikan ke sepeda. Hal ini nggak bisa lo temui kalau beli full bike. Beli sepeda jadi ya siap-siap untuk upgrade kalau partnya ada yang nggak sesuai.

Tapi beli full bike juga punya kelebihan lain selain waktu yang cepat. Full bike punya garansi resmi yang nggak akan ada kalau lo ngerakit sepeda sendiri. Full bike juga keamanan karena part yang menempel sudah melalui tes uji kelayakan sebelum sampai ke tangan goweser.

Jadi, lo mau ngerakit sepeda sendiri atau beli full bike?