Meskipun Valentino Rossi sudah tidak lagi balapan di MotoGP, dia masih menghasilkan uang yang bikin mata melotot. Uangnya terutama datang dari tim balapnya dan juga dari barang-barang VR46 Racing.

banner-ads

Laporan dari Calcio e Finanza mengatakan bahwa Valentino Rossi mengakhiri tahun 2022 dengan mengantongi 38,5 juta euro atau sekitar Rp 631 miliaran. Namun, ada satu masalah kecil, dia juga harus keluarin uang sekitar 40,5 juta euro atau Rp 633 miliar buat perusahaannya.

Baca Juga: Bastianini Ternyata Nolak Gabung Tim Rossi

Tapi, tak cuma jago di dunia balap, Rossi juga punya nama besar banget. Makanya, merek VR46 Racing bisa ngasih dia duit yang banyak banget sepanjang tahun kemarin.

Sekarang, bisnis Rossi tuh ada di lima bidang yang berbeda, kayak lintasan balap off-road yang namanya Ranch 46, VR46 SL yang fokus di dokumentasi, VR46 Team dan VR46 Academy buat bikin pebalap muda makin hebat, dan VR46 Racing Apparel yang jualan segala macem yang ada hubungannya sama Rossi dan timnya.

Menurut laporan yang sama, sebagian besar duit Rossi tahun lalu dateng dari VR46 Racing yang ikut balapan di MotoGP. Dia dapetin 16,8 juta euro atau sekitar Rp 275 miliaran dari situ.

Nah, yang kedua terbanyak dateng dari VR46 Racing Apparel yang menghasilkan sekitar 15,5 juta euro atau 254 miliaran rupiah.

Nah, sisa-sisa uangnya dateng dari VR46 SL sekitar 3,4 juta euro atau Rp 55 miliaran, VR46 Academy 2 juta euro atau Rp 32 miliaran, dan Ranch 46 yang cuma 764 ribu euro atau Rp 12 miliaran.

Cuma yang jadi misteri, laporan itu gak ngasih tau berapa duit yang dia dapet dari sponsor atau iklan. Ini bisa jadi dua hal, entah Rossi emang gak punya ikatan sama merek apa-apa atau Calcio e Finanza emang gak masukin sumber pendapatan dari luar perusahaannya.

Sebelum dia pensiun, Rossi pernah jadi pebalap dengan bayaran tertinggi kedua di MotoGP. Dia dapat gaji sekitar Rp 155 miliar per musim di tahun 2021, ini lebih sedikit Rp 30 miliaran dibanding Marc Marquez yang ada di peringkat pertama.

Untuk informasi lebih update seputar motoGP follow akun sosial media Bold Riders!