Sakura Yosozumi dari Jepang adalah juara dunia dan nomor satu dunia di skateboard park. Dengan banyaknya skater pro yang menekuni olahraga ini sejak usia dini, Sakura Yosozumi relatif terlambat berkembang.

Ketika dia mendapatkan skateboard pertamanya pada tahun 2013, karena pengaruh kakaknya, dia berkembang dengan mantap dan setelah memenangkan All Japan Ladies pada tahun 2016, dia memindahkan aktivitasnya ke luar negeri.

Baca Juga: Nih Skateboarder Cewek Terbaik di Asia Tenggara



Setelah finis ketiga di Kejuaraan Asia Vans Park Series di Singapura pada tahun 2017, ia meraih kemenangan kompetisi pertamanya dalam tur dengan memenangkan acara Vans Pro Tour di Brasil pada tahun 2018.

Sakura juga memenangkan emas untuk Jepang di Asian Games 2018 di Jakarta, Indonesia dan meraih perunggu di X Games di Minneapolis pada tahun yang sama.

Dia kemudian membuat sejarah dengan menjadi juara dunia di Kejuaraan Dunia Skateboard di Nanjing, Cina, yang mendorong Sakura menjadi sorotan.



Gelar besar lainnya menyusul pada tahun 2019 ketika Sakura memenangkan Kejuaraan Dunia Seri Vans Park di Salt Lake City, AS, setelah juga memenangkan ajang Seri Vans Park di Shanghai, Cina pada musim yang sama.

Dia menempati posisi kedua di Kejuaraan Skate Dunia 2019 di Sao Paulo, Brasil, pada September 2019 dan pada Maret 2020 dia berdiri di puncak Peringkat Skateboard Global.

Pada Mei 2021, Sakura mengamankan tempat pertama di Final Dew Tour Park, hasil yang memastikan dia mewakili Jepang di Olimpiade di Tokyo.