Buat lo yang lagi suka-sukanya bersepeda, pasti punya beberapa aplikasi di handphone untuk menunjang hobi itu. Biasanya, pesepeda suka menggunakan Relive, Strava, Cyclemeter dan beberapa lagi yang lainnya.banner-ads

Di aplikasi itu, penggunanya bisa melihat berbagai catatan, mulai jarak, waktu sampai ke tingkat beratnya medan yang dilewati.

Tapi pernah nggak sih lo ngebayangin siapa yang ada di posisi puncak dari hasil bersepeda itu?

Ternyata, khusus di Strava, pemilik urutan nomor satunya adalah orang Indonesia! Dia adalah Asril Kurniadi Adenan, pesepeda asal Gresik, Jawa Timur. Dia sukses menjadi yang nomor satu pada Oktober 2020.

Yang keren, pria yang akrab disapa Abah Asril ini bisa gowes sampai 300 kilometer per harinya. Hingga pertengahan Oktober 2020, dia sudah menempuh jarak 4.112,8 kilometer.



Awalnya, dia nggak ikut virtual race yang dibikin oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Event itu dibuat untuk memperingati Dies Natalis ITS ke-60 pada 20 September sampai 1 November 2020.

Abah Asril tidak ikut perlombaan dari awal. Ia masuk di tengah, ketika pemuncak klasemen sudah gowes sekitar 1.800 kilometer. Dengan niat biar lomba semakin seru, dia menghitung harus gowes 300 kilometer sehari untuk memberikan persaingan.

Jarak 300 kilometer sehari bisa ditempuh Abah Asril dalam waktu 10 jam. Selama itu, ia membagi waktu gowesnya menjadi empat, pagi, siang, sore dan malam.

Sekarang, Abah Asril sudah ada di posisi puncak lomba itu. Peserta yang tadinya ada di nomor satu sekarang di bawahnya terpaut 700 kilometer. Gokil!

Gowes di dalam rumah dengan waktu selama itu pasti ada bosannya. Abah Asril punya caranya. Dia biasa mendengarkan musik dan menonton film sambil kakinya tetap mengayuh pedal.