Lionel Messi merupakan pemain terbaik dalam sejarah olahraga ini. Namun, seperti halnya banyak atlet terkenal lainnya, Messi telah menghadapi beberapa kontroversi selama kariernya.

banner-ads

Baru-baru ini Messi menjadi pusat perhatian setelah dihukum PSG selama 2 pekan tidak boleh bertanding dan tidak mendapat gaji karena mangkir latihan dan malah pergi ke Arab Saudi.

Berikut ini adalah lima kontroversi Lionel Messi lainnya:

Baca Juga: Messi Sang Legenda dengan Belasan Tato Unik

1. Kasus Penghindaran Pajak

Pada tahun 2013, Messi dan ayahnya, Jorge, diadili karena dituduh menghindari pajak senilai 4,1 juta Euro. Mereka didakwa atas tuduhan mengekspor royalti sponsor ke Belize dan Uruguay untuk menghindari pajak di Spanyol. Messi dan ayahnya mengaku tidak bersalah, namun pada tahun 2016, Messi dijatuhi hukuman 21 bulan penjara dan denda 2 juta Euro. Messi mengajukan banding dan akhirnya dihukum dengan denda sebesar 252.000 Euro.

2. Kontrak Mahal Barcelona

Messi telah bermain untuk Barcelona sejak tahun 2004 dan pada tahun 2017, dia menandatangani kontrak baru dengan klub. Namun, kontrak ini menjadi kontroversial karena biaya pelepasan Messi diatur sebesar 700 juta Euro. Kontrak tersebut dianggap terlalu mahal dan menghambat klub-klub lain yang ingin merekrut Messi.

3. Mundur Dari Timnas Argentina

Pada tahun 2016, Messi mengundurkan diri dari tim nasional Argentina setelah kalah dalam final Copa America. Keputusan ini membuat gempar para penggemar sepak bola dan menimbulkan kontroversi di Argentina. Messi mengklaim bahwa dia dikecam oleh media dan bahwa federasi sepak bola Argentina tidak memberikan dukungan yang cukup kepada tim nasional.

4. Perseteruan dengan Pelatih Argentina

Messi memiliki beberapa perseteruan dengan pelatih tim nasional Argentina, termasuk dengan Jorge Sampaoli. Pada tahun 2018, Messi mengkritik keputusan pelatih untuk mengganti pemain yang baru saja dimasukkan. Messi juga memprotes pelatih setelah kekalahan Argentina dari Kroasia pada Piala Dunia 2018.

Secara keseluruhan, Lionel Messi telah menghadapi beberapa kontroversi selama kariernya. Namun, ini tidak mengubah fakta bahwa dia masih dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa.