Setelah hengkang dari Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi memutuskan untuk bergabung dengan salah satu klub Liga Amerika Serikat alias Major League Soccer, Inter Miami. Padahal saat itu, Messi sudah mendapatkan tawaran yang sangat menggiurkan dari klub Arab Saudi, Al-Hilal.

banner-ads

Sebelum Messi, Major League Soccer (MLS) memang telah menjadi pelabuhan terakhir bagi beberapa pemain terbaik di dunia. Siapa saja?

1. David Villa - NYCFC

Baca Juga: Bola MLS Ini Keren Banget!

David Villa merupakan legenda La Liga dan masih bisa membuktikan skillnya mencetak golnya di MLS. Datang dari Atletico, pencetak gol terbanyak sepanjang masa Spanyol ini memimpin lini serang NYCFC.

Villa bersinar di depan pendukung NYCFC, mencetak 77 gol selama kiprahnya dan membuat klub itu mendapat perhatian publik.

2. Robbie Keane - LA Galaxy

Baca Juga: Selain Liburan ke Arab Saudi, Nih 5 Kontroversi Lionel Messi

Pemain Irlandia ini menjadi ikon LA Galaxy setelah bergabung pada tahun 2011 dari Tottenham Hotspur. Keane menjadi pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa klub dengan 104 gol dan memenangkan tiga MLS Cups.

3. Kaka - Orlando City

Orlando City merekrut Kaka pada tahun 2015 setelah pengalamannya di AC Milan dan Real Madrid. Pemenang Ballon d'Or asal Brasil ini membawa Orlando City bersinar dalam musim pertama mereka di MLS.

4. Andrea Pirlo - NYCFC

Andrea Pirlo bergabung dengan NYCFC setelah karier gemilang di Italia dengan klub-klub seperti AC Milan dan Juventus. Pemain Italia ini mungkin merupakan pemain paling berbakat secara teknis yang pernah bermain di MLS selain Lionel Messi.

5. Frank Lampard - NYCFC

Frank Lampard tiba di New York setelah hampir 20 tahun merumput di Premier League. Dia berduet dengan David Villa dan membuat para penggemar berdiri dari kursi mereka di Yankee Stadium.

Lampard menikmati musim yang solid bersama NYCFC pada tahun 2016, mencetak 12 gol dan memberikan tiga assist.

6. Wayne Rooney - D.C. United

Salah satu pemain terbaik sepanjang masa Manchester United datang ke D.C. United pada tahun 2018, mencetak 12 gol dan tujuh assist dalam musim pertamanya di ibu kota negara itu.

Setelah pensiun dari bermain sepak bola, Rooney akhirnya memutuskan untuk menjadi pelatih kepala D.C. United setelah singgah sebentar di Derby County.

7. Thierry Henry - New York Red Bulls

Setelah mengoleksi prestasi bersama Arsenal dan Barcelona, Thierry Henry memilih untuk bermain di NYRB. Pemain asal Prancis ini menarik perhatian saat datang ke Red Bull Arena dengan memenangkan Supporter's Shield pada tahun 2013.

8. Zlatan Ibrahimovic - LA Galaxy

Jika tidak ada David Beckham dan Lionel Messi, mungkin Zlatan Ibrahimovic akan menjadi pemain MLS paling berpengaruh sepanjang masa.

Setelah bermain untuk klub-klub top di Eropa seperti PSG, Manchester United, Barcelona, dan kedua klub Milan, Zlatan Ibrahimovic bergabung dengan klub paling sukses di MLS dan membuat liga ini gempar.

Ibrahimovic telah mencetak lebih dari 350 gol dalam karir klubnya dan tidak mengecewakan di MLS.

9. David Beckham - LA Galaxy

Pada 2007, keputusan David Beckham untuk pindah ke MLS mengguncang dunia. Saat itu, MLS masih sangat baru digelar dan sangat tidak bergengsi jika dibanding-bandingkan dengan liga negara lain.

Beckham diakui sebagai salah satu pemain sepak bola terbesar sepanjang masa dari Manchester United serta salah satu pemain Inggris terbaik dalam sejarah olahraga sepakbola. Beckham merupakan pemain Inggris pertama yang berhasil meraih gelar juara liga di empat negara: Inggris, Spanyol, Amerika Serikat, dan Prancis.

Hingga saat ini, ada banyak pandangan yang berbeda tentang alasan mengapa para pemain ini pindah ke MLS. Sebagian orang mengatakan mereka memilih MLS karena uang, sementara yang lain mengatakan bahwa para pemain ini sangat cinta terhadap permainan ini dan ingin terus melakukannya.