Alex Marquez yang merupakan juara dunia Moto2 2019 naik ke skuad pabrikan Honda pada 2020. Ia awalnya diharapkan satu paddock dengan sang kakak Marc Marquez.banner-ads

Tapi sayang, Marc Marquez absen dari MotoGP 2020 karena cedera setelah Grand Prix Spanyol. Alex Marquez pun jadi rider Honda satu-satunya yang mencetak podium musim itu dengan dua kali finis di posisi kedua di Prancis dan Aragon.

Alex mengaku sempat frustasi dengan tekanan, bahkan masukan yang datang kepadanya setiap kali selesai balapan. Terutama Marc Marquez yang terus memberikan seribu nasihat, hingga akhirnya ia tak bisa lagi menerima itu.

"Dia mengatakan kepada saya banyak hal untuk ditingkatkan, untuk dipelajari. Tetapi pada akhirnya, saya berada di jalur yang benar, saya sendiri di jalur yang benar," ungkapnya.



“Jadi, Anda dapat memiliki saudara terbaik di dunia dan dia dapat mengajari Anda banyak hal, tetapi kemudian Anda sendirian di jalur dan Anda perlu belajar dari semua sisi dan mengingat ribuan hal yang dia katakan."

“Tetapi jika Anda ingat dalam konferensi pers Aragon, saya mengatakan untuk berhenti berbicara tentang saudara laki-laki saya karena pada saat itu pikiran saya agak terbatas. Tapi itu adalah sesuatu yang alami dan sesuatu yang saya jalani sejak memulai kejuaraan dunia."

Keputusan Honda untuk mengeluarkan Alex Marquez dari skuad pabrikan tahun 2021 dibuat sebelum dia bisa naik podium. Tetapi dia akan tetap menjadi pembalap HRC yang didukung penuh di LCR.