Bolanews.com --- Swiss berhasil memetik kemenangan di partai pertama babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2014, Minggu (15/6) malam WIB. Rossocrociati memetik tiga poin penuh atas Ekuador di Stadion Nacional, Brasilia.

banner-ads

Permainan tempo cepat dan terbuka diperlihatkan kedua tim di pertandingan tersebut. Ekuador lebih dulu membuka keunggulan pada menit ke-22 lewat gol yang diciptakan Enner Valencia.

Enner Valencia membuka keunggulan untuk Ekuador dengan memaksimalkan umpan yang dilepaskan Walter Ayovi dengan tandukan. Hingga babak pertama berakhir Swiss tidak berhasil menyamakan kedudukan dan Ekuador unggul 1-0.

Gol balasan baru diciptakan Swiss di awal babak kedua. Pada menit ke-48 Admir Mehmedi melakukan balasan juga lewat sundulan. Gol tersebut tercipta berkat umpan sepak pojok yang dilepaskan Ricardo Rodriguez.

Setelah gol tersebut kedua tim terlihat begitu kesulitan untuk kembali mencetak gol. Kedua tim mendapatkan beberapa peluang bagus setelah skor imbang 1-1, namun hingga menit 90 tetap tidak ada gol tercipta.

Akan tetapi, keputusan Ottmar Hitzfeld melakukan pergantian pemain pada menit ke-75 dengan memasukkan Haris Seferovic untuk menggantikan Josip Drmic menjadi kunci kemenangan Swiss atas Ekuador. Betapa tidak, setelah pertandingan seolah akan berakhir dengan skor imbang 1-1, Seferovic justru tampil sebagai penentu.

Ya, Seferovic mencetak gol penentu kemenangan Swiss atas Ekuador pada masa tambahan waktu di babak kedua. Kembali berawal dari umpan yang dilepaskan Rodriguez, Seferovic menyambut dengan tendangan kaki kiri usai lolos dari kawalan bek Ekuador dan mengubah hasil akhir. Swiss pun memetik kemenangan 2-1.

Susunan pemain:

Swiss
: D. Benaglio, J. Djourou, S. Lichtsteiner, S. von Bergen, R. Rodriguez, V. Behrami, G. ?nler, V. Stocker (A. Mehmedi 46'), X. Shaqiri, G. Xhaka, J. Drmic (H. Seferovic 75').

Ekuador: A. Dominguez, J. Guagua, W. Ayoví, J. Paredes, F. Erazo, A. Valencia, C. Noboa, C. Gruezo, F. Caicedo (Arroyo 70'), J. Montero (J. Rojas 77'), E. Valencia.

Statistik

Penguasaan bola: Swiss 57% - 43% Ekuador
Pelanggaran: Swiss 9 - 15 Ekuador
Tendangan ke gawang: Swiss 18 - 10 Ekuador
Tendangan tepat sasaran: Swiss 12 - 6 Ekuador
Sepak pojok: Swiss 8 - 5 Ekuador
Offside: Swiss 1 - 4 Ekuador
Kartu kuning: Swiss (Johan Djourou) - Ekuador (Juan Paredes)
Kartu merah: -
Gol: Swiss 2 - 1 Ekuador