Mungkin lo udah bosen mendengar kabar VAR menguntungkan atau merugikan tim-tim di Premier League dalam momen-momen penting. Tapi, masih ada beberapa hal yang bisa dibahas dari kacaunya penerapan perdana VAR di Premier League ini.

banner-ads

Liverpool yang jadi pemuncak klasemen sementara musim ini sering disebut-sebut sebagai tim yang paling banyak diuntungkan oleh VAR. Terutama ketika mereka berhasil menang dengan margin skor yang sangat tipis. Beberapa gol yang membobol mereka di akhir pertandingan sering dianulir oleh wasit setelah melihat tayangan ulang VAR.

Bahkan, Liverpool yang sering menang tipis itu sempat dijuluki LiVARpool karena seringnya keputusan berpihak pada mereka.

Tapi, ternyata mereka bukanlah tim yang paling sering diuntungkan oleh VAR, Bro.

Secara ironis, yang paling diuntungkan oleh VAR musim ini adalah Manchester United. Walaupun paling banyak diuntungkan oleh VAR, MU berada di posisi 5 klasemen saat ini.

Belum lama ini juga mereka diuntungkan oleh keputusan VAR dimana gol kemenangan Everton dianulir sehingga pertandingan berakhir imbang. Gol tersebut dianulir setelah bola yang ditendang Dominic Calvert-Lewin masuk, namun Gylfi Sigurdsson terbaring tepat di depan David De Gea. Wasit pun lantas menganggap gol ini gak sah karena offside.

Dalam hal diuntungkan, MU udah mendapatkan keuntungan 8 gol dari keputusan VAR sejauh ini dengan hanya 1 keputusan yang merugikan mereka. Di tempat kedua ada Brighton yang untung 7 gol oleh keputusan serupa.

Berikut ini lengkapnya, Bro:

Manchester United +8
Brighton +7
Crystal Palace +5
Burnley +4
Southampton +3
Leicester, Liverpool, Manchester City, Newcastle, Tottenham +1
Bournemouth 0
Watford -1
Arsenal, Everton -2
Aston Villa -3
Chelsea, West Ham -4
Norwich, Wolves -5
Sheffield United -6

Hmm, ternyata sering diuntungin VAR gak bikin klub jadi ada di posisi teratas ya...