Ada banyak hal yang bisa lo lakukan di rumah dengan sepeda. Selain mungkin bersepeda dengan trainer, buat lo yang memilih untuk vakum bersepeda sementara waktu, tetap harus memperhatikannya.banner-ads

Pertama yang harus lo lakukan adalah sering-sering cek tekanan ban. Meski sepeda nggak dipakai, tekanan ban harus cukup biar ban awet.

Lo juga harus rutin mengubah posisi ban, jangan biarkan bagian bawah terus ada di bawah.

Baca Juga: Zwift Bikin Sepedaan di Rumah Terasa Sungguhan



Selanjutnya lo juga harus memperhatikan kebersihan sepeda. Bersihkan sepeda dengan kain microfiber dan cairan sabun yang tidak terlalu kental.



Yang harus lo bersihkan bukan cuma bagian frame, tapi juga rantai dan gir. Lakukan hal yang sama pada part-part ini. Berikan pelumas jika memang perlu.

Sepeda yang tidak bergerak dalam waktu lama bakal membuat rem menempel di satu sisi. Lo harus cek juga tuh bagian pengereman biar nanti sewaktu-waktu mau dipakai nggak bikin lo celaka.



Punya waktu yang banyak di rumah adalah saat yang pas buat lo ngecek mur dan baut. Cek satu-satu. Buka mur atau baut dan berikan grece jika memang perlu.

Selama nggak terpakai dalam waktu yang lama, lo harus perhatikan juga tempat penyimpanannya. Jangan terkena matahari langsung karena bisa menurunkan kualitas cat di frame.