Buat yang belum paham, ukuran sepeda biasanya diambil dari diameter lingkar ban. Biasanya, untuk MTB, ukuran yang paling favorit ada dua, 27,5 inch dan 29 inch, meski masih banyak juga yang masih pakai 26 inci.banner-ads

Sebenarnya apa sih bedanya? Yang jelas, 27,5 adalah pengembangan dari ukuran 26 yang sebelumnya populer. Semakin besar ukurannya, pesepeda bisa dengan mudah mencapai kecepatan yang diinginkan.



Untuk MTB yang doyan masuk jalur tanpa aspal, ukuran lebih besar juga bisa ngasih kenyamanan lebih. Jalan bebatuan kecil pasti terasa lebih ringan dengan 27,5 dibandingkan 26.

Alasan itu kemudian melahirkan ban yang ukurannya lebih besar, yaitu 29. Ukuran roda ini menjadi favorit bagi pesepeda yang punya badan bongsor.

Kelebihan wheelset 29 adalah lo bisa merasa lebih stabil untuk urusan speed. Di beberapa track teknikal, sepeda 29 juga bisa lebih bisa diandalkan.

Yang menarik, adanya roda ukuran 29 nggak bikin 27,5 jadi ketinggalan zaman. Bahkan buktinya ukuran 26 buat sekarang juga nggak lagi jadi masa lalu.



Walaupun 29 lahir belakangan, tapi 27,5 dinilai punya bobot dan kemampuan manuver yang lebih baik. Makanya ukuran yang satu ini jadi favorit banyak pesepeda.

Tapi pada akhirnya semua kembali lagi ke kenyamanan masing-masing pesepeda. Sebaiknya sih banyak riset dan mencoba sendiri sebelum memilih salah satu dari kedua ukuran ini, karena feel mengendarainya bakal beda banget.

Kalau lo, tim 27,5 atau 29?