Vicky Piria sudah sejak lama berkarier di dunia balap. Perempuan asal Italia itu kini merupakan bintang Seri GP3 - F3.

Piria tampil pertama bersama jajaran seri Formula Renault dan Formula Abarth nasional, saat ini di bawah peraturan F4. Kemudian bersaing dengan tim Prema pada tahun 2011.

Pada tahun 2012, terobosan besar internasionalnya dimulai ketika bergabung dengan Seri GP3, di bawah bendera Trident.

Baca Juga: Sakura Yosozumi, Skater Cewek Terbaik dari Jepang





Vicky berhasil meraih tempat ke-12 pada partisipasi pertamanya di Monaco. Dari sana, Piria terus memperluas pengalamannya di mobil formula, yang paling terkenal di F3 Terbuka 2013 di mana ia mengklaim tempat keempat di Le Castellet dan menambahkan delapan kali finis di 10 besar pada resumenya.

Setelah apa yang mungkin menjadi musim paling kompetitifnya, Vicky pindah ke AS, memasuki Pro Mazda Championship sebagai bagian dari Program Road to Indy. Namun, dalam dua balapan, dia kehilangan dukungan dari sponsor utamanya.



Karirnya yang cemerlang baru saja berlalu dan tanpa dana. Ia harus mengesampingkan impian balapnya.

Lima tahun kemudian, keluar seleksi Seri W pertama sebagai salah satu dari 18 pembalap dari lebih dari 100 entri. Seri W secara krusial memberikan kesempatan kedua kepada talenta-talenta yang pantas seperti Vicky Piria, Alice Powell, Emma Kimilainen, Marta García, dan membuktikan apa yang dapat dilakukan wanita dengan dukungan memadai di mesin F3.

Saat balapan kembali, Piria mengalami awal yang tidak mulus pada balapan Seri W pertama di Hockenheim. Tetapi dengan cepat bangkit kembali, secara konsisten mencetak poin dari Zolder dan seterusnya dan menjalani balapan kandang yang luar biasa di Misano, di mana dia berada di urutan kelima.



Kemudian, pandemi melanda. Semua menjadi lebih sulit. Tapi sekarang tahun 2021 dan ia perlahan mencari jalan keluar, meskipun jalan masih sangat panjang, tetapi motivasi telah kembali.

Siapa pun yang pernah bertemu Vicky di lintasan, tahu bahwa dia adalah orang yang lembut, sangat rendah hati, pandai berbicara, ramah, dan memiliki hati yang besar untuk balapan. Semua kualitas yang membawanya untuk makin dikenal dengan basis penggemar yang terus berkembang.