Belakangan, bikepacking memang lagi trend. Perjalanan dengan sepeda ini berbeda dari gowes biasanya karena menempuh rute yang lebih jauh, kadang ekstrem.banner-ads

Intinya sih lo bisa jalan-jalan jauh selama beberapa hari dengan biaya seminim mungkin. Tapi persiapannya nggak boleh minim juga.

Pertama yang harus lo siapkan adalah menentukan destinasi. Untuk baru yang pertama kali bikepacking, rute yang bakal ditempuh nggak perlu jauh, yang penting seru.

Coba deh cari kombinasi jalan aspal dan tanah.



Kalau sudah tahu tujuan dan rutenya, cek kesiapan sepeda lo. Kalau memang harus melewati kombinasi jalan aspal dan tanah, mungkin Gravel Bike atau bahkan XC bisa jadi pilihan.

Pastikan lo membawa beberapa part cadangan, seperti ban dalam. Siapkan juga lampu depan dan belakang biar lo semakin aman.

Jangan lupa membawa kit untuk memperbaiki sepeda. Yang harus ada di tas lo adalah kunci-kunci, pompa ban, pembuka rantai sampai alat untuk menambal ban sepeda.

Untuk barang bawaan, lo bisa menambahkan beberapa tas di sepeda. Tas-tas itu bisa lo isi perbekalan, sleeping bag sampai tenda kalau diperlukan.



Ingat, yang lo gunakan untuk perjalanan ini adalah sepeda, bukan kendaraan bermotor, jadi tenaga lo adalah yang utama.

Jadi lo nggak perlu bawa barang-barang yang memang nggak akan digunakan selama perjalanan. Terlebih, lo juga harus dalam keadaan yang prima.