Mau jadi fotografer atau content creator nggak cuma harus paham kamera, tapi juga kemampuan editing yang baik untuk hasil akhir yang sempurna. Selain melakukan editing di PC atau laptop, Lo juga bisa lho mengandalkan aplikasi HP untuk edit foto dan video yang Lo punya. Tenang aja, kualitasnya juga bisa bersaing dengan beberapa aplikasi premium yang biasa digunakan lewat PC.

Yuk lihat daftar lengkap aplikasinya pada artikel ini!

PicsArt

Aplikasi HP untuk edit foto dan video pertama yang bisa Lo coba adalah PicsArt. Tersedia di App Store maupun Play Store, aplikasi ini dapat mengedit foto maupun video yang dilengkapi dengan berbagai tools. Di antaranya adalah untuk membuat kolase, membuat stiker, menyediakan efek sketsa, hingga menambahkan beragam filter dengan mood yang berbeda.

VSCO

Ingin menambahkan filter untuk menciptakan mood yang berbeda pada foto dan video yang Lo ambil? Bisa menggunakan aplikasi VSCO yang tersedia di App Store dan Play Store! Aplikasi ini menyediakan berbagai filter mulai dari black and white, portrait, landscape, hingga filter berwarna pop a la komik yang bisa digunakan untuk foto dan video.

Snapseed

Aplikasi yang satu ini diperuntukkan untuk editing foto saja. Banyak fitur yang bisa kamu dapatkan di aplikasi Snapseed, mulai dari mengatur brightness, shadows, hingga double exposure. Dijamin, meskipun Lo foto pakai kamera smartphone, hasilnya bisa sama dengan ketika menggunakan kamera profesional. Oh ya, aplikasi ini juga tersedia di App Store dan Play Store, ya!

Lightroom

Sama seperti Snapseed, aplikasi Lightroom juga tersedia di App Store dan Play Store serta hanya bisa digunakan untuk editing foto. Kamu bisa mendapatkan fitur premium seperti cloud storage hingga 100GB, selective adjustment, healing brush, dan masih banyak lagi dengan membayar Rp67.000 per bulan. Tenang aja, banyak juga kok fitur editing yang gratis.

Afterlight 2

Afterlight 2 adalah aplikasi edit foto versi upgrade dari generasi pertama, Afterlight. Tidak seperti aplikasi generasi sebelumnya, Afterlight 2 memiliki fitur seperti filter untuk foto, serta advanced tools seperti mode curves, selective hue/saturation, shadows, dan sebagainya. Lo juga bisa menyimpan foto dengan hasil akhir high resolution untuk foto yang jernih dan tajam. Aplikasi ini sudah tersedia di App Store dan Play Store, ya!

KineMaster

Nah, kalau beberapa aplikasi di atas diperuntukkan untuk mengedit foto, KineMaster bisa menjadi pilihan aplikasi Lo untuk mengedit video. Kelebihan dari aplikasi ini adalah fiturnya yang mudah digunakan hingga cocok bagi pemula. Lo bisa memilih beragam efek transisi, serta pengaturan suara untuk membuat penampilan video semakin menarik.

InShot

Satu lagi aplikasi edit video gratis yang tersedia di App Store dan Play Store, yaitu InShot. Di aplikasi ini, Lo bisa menggunakan beragam fitur seperti trim, crop, split, dan masih banyak lagi untuk mengedit video. Lo juga bisa menggunakan filter serta menambahkan background sound berupa musik atau rekaman. Pas banget buat edit video untuk Instagram Reels atau TikTok!

VN

 

Mau edit video di HP dengan rasa editing video di desktop? Lo bisa menggunakan VN, aplikasi edit video yang tersedia di iPhone dan Android. Aplikasi ini memiliki beragam fitur seperti keyframe animation, masking tool, dan curve shifting yang jarang ada di aplikasi lain. Kabar baiknya lagi, Lo bisa menyimpan video dalam kualitas berbeda mulai dari 520p, 720p, 1080p, hingga 4K tanpa watermark.

CapCut

Aplikasi yang satu ini cukup terkenal karena memiliki banyak fitur dan template yang dapat digunakan untuk edit berbagai video, termasuk untuk video TikTok dan Reels. Di aplikasi ini, Lo bisa mendapatkan fitur background remover serta stabilizer ala PremierePro. Bisa dibilang, aplikasi ini cukup mengakomodasi segala kebutuhan Lo yang sering edit video yang kekinian dan cepat.

Adobe Premiere Rush

Nah, rekomendasi aplikasi terakhir untuk mengedit video di HP adalah Adobe Premiere Rush. Sama halnya dengan PowerDirector, Lo bisa mengedit di aplikasi ini tanpa watermark pada hasil akhir. Di aplikasi ini, Lo bisa mengedit berbagai video mulai dari opening hingga footage agar hasilnya makin keren. Oh ya, kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah Lo bisa langsung membagikan hasil video yang telah diedit ke media sosial. Jadi bisa hemat waktu, deh.

Apakah Lo sudah memutuskan mana aplikasi HP untuk edit foto dan video yang akan Lo gunakan? Well, jika Lo bingung, Lo bisa banget mengandalkan review aplikasi-aplikasi tersebut di App Store atau Play Store untuk membantu Lo memutuskan mana aplikasi yang akan Lo download. Selamat mencoba!