Sekarang food photography atau fotografi makanan dan minuman terlihat lagi banyak diminati oleh banyak orang. Selain untuk keperluan foto produk, food photography juga kerap dilakukan oleh banyak food blogger untuk me-review hidangan yang dicicipinya.

Selain memperhatikan plating dan garnish pada makanan dan minuman, faktor-faktor seperti lighting, angle, serta shadows juga menjadi penentu untuk menghasilkan foto makanan dan minuman yang menggugah selera. Nah, supaya skill food photography Lo makin ciamik, yuk simak tips foto makanan dan minuman untuk hasil foto yang maksimal!

Hidangkan Makanan dengan Porsi yang Sedikit

Pernah lihat hasil foto makanan ala restoran bintang lima yang menggugah selera? Well, hal ini karena umumnya, tampilan foto makanan dari restoran bintang lima menampilkan porsi makanan yang sedikit. Ternyata, memotret foto makanan dengan porsi yang sedikit sangat direkomendasikan untuk menciptakan hasil yang menarik.

Gunakan Piring dan Gelas yang Menarik

Tips foto makanan dan minuman selanjutnya adalah dengan menggunakan wadah yang menarik. Percaya atau nggak, pilihan wadah seperti gelas dan piring yang menarik dengan warna yang tepat juga bisa membuat hasil foto Lo semakin keren. Misalnya, Lo bisa menggunakan gelas bening untuk minuman berwarna dan dingin, serta piring lebar yang minimalis untuk hidangan seperti pasta atau makanan lainnya.

Berikan Space

Saat Lo mengambil foto, sebaiknya berikan space atau ruang kosong pada bagian atas, bawah, kanan, ataupun kiri gambar. Selain membuat hasil foto tampak minimalis, ruang kosong ini juga bisa Lo gunakan untuk menambahkan tulisan atau copy saat masuk ke dalam proses editing. Tulisan ini dapat berupa nama menu, resep, quotes, dan lainnya.

Tambahkan Aksen

Beberapa minuman dan makanan memiliki warna yang monoton. Nah, supaya tampak lebih menarik, Lo bisa menambahkan aksen warna dari bahan yang digunakan dari masing-masing menu, seperti keju, kiwi, dan lainnya untuk mengundang selera.

Foto Makanan dan Minuman Selagi Panas/Dingin

Memotret menu hidangan saat baru disajikan menjadi hal paling penting yang perlu Lo perhatikan. Misalnya, saat sedang memotret hidangan hangat, Lo perlu segera mengabadikannya untuk menambahkan efek kepulan asap agar terlihat lebih lezat. Hal ini sama dengan hidangan dingin, saat memotret minuman, Lo bisa menambahkan efek buliran air yang turun dari gelas untuk menambahkan kesan segar.

Foto Saat Makanan dan Minuman Dihidangkan

Nggak cuma memotret hidangan saat sudah benar-benar tersajikan secara sempurna, Lo juga bisa memotret momen saat hidangan sedang disiapkan oleh penyaji makanan. Misalnya, Lo bisa memotret saat chef menaburkan brown sugar di atas roti panggang, atau saat barista membuat latte art. Percaya deh, teknik ini bisa menambahkan kesan lezat pada foto yang Lo ambil!

Tentukan Angle

Lo bisa mengeksplor berbagai angle terbaik saat memotret hidangan. Seperti pengambilan gambar dari atas (flatlay), samping, hingga mengambil gambar dengan mode landscape dan portrait bisa Lo coba untuk mendapatkan hasil terbaik.

Perhatikan Lighting dengan Baik

Serupa dengan teknik memotret pada umumnya, lighting atau pencahayaan yang baik juga termasuk tips foto makanan dan minuman  yang perlu Lo lakukan supaya hasilnya makin kece dan menggugah selera. Lo bisa menambahkan kedalaman gambar dengan memposisikan subjek di antara kamera dan sumber cahaya utama, atau memanfaatkan kaca bening untuk mendapatkan pencahayaan dengan efek.

Teknik Kanan-Kiri-Belakang (KKB)

Salah satu teknik yang bisa Lo terapkan saat memotret makanan dan minuman adalah Teknik Kanan-Kiri-Belakang (KKB) untuk menghasilkan foto yang ciamik. Caranya, Lo bisa mengambil gambar dengan jarak 9cm dari arah kiri, 3cm dari arah kanan, atau 12cm dari arah belakang. Oh ya, jarak ini juga bisa berubah sesuai tingkatan ketajaman dari cahaya saat Lo memotret, ya.

Tahap Editing

Sama seperti memotret objek lainnya, Lo juga perlu melakukan editing yang baik setelah memotret makanan dan minuman. Misalnya, mengubah saturasi foto, menambahkan contrast, atau ‘mengakali’ foto dengan lighting yang bocor. Lo bisa menggunakan aplikasi editing di HP atau PC seperti Photoshop dan Lightroom.

Jadi makin pede kan, memotret makanan dan minuman dengan 10 tips di atas? Oh ya, tenang aja, 10 tips foto makanan dan minuman di atas bisa Lo aplikasikan baik menggunakan kamera profesional atau kamera smartphone sekalipun. Selamat mencoba!