Kadang suka pengen gak sih punya foto keren kayak selebgram – selebgram yang dibilang istilah gaulnya tuh “aesthetic”.  Tapi kebayang pasti kamera mahal lah, lighting yang proper, edit yang bakal makan waktu, dan sebagainya. Padahal kalau kamu eksplorasi, foto – foto tersebut bisa kamu lakukan dengan mudah hanya dengan smartphone. Smartphone saat ini sudah menjelma menjadi gear yang dipakai banyak fotografer untuk mengambil gambar. Gak tanggung – tanggung, di era digital ini kamera pada smartphone juga dibekali fitur – fitur yang mendukung untuk fotografi bahkan filmmaker. Resolusi yang besar, sensor yang tinggi, hingga mampu menyamai kemampuan kamera DLSR secara general.

Era digital saat ini juga mengubah perilaku semua orang untuk bisa berkarya. Sosial media yang penjadi platform merupakan pemicu dari banyak creator – creator bermunculan yang memberikan inspirasi kepada orang banyak tentang pentingnya berbagi informasi apapaun termasuk berbagi karya. Selebgram – selebgram yang muncul juga bukan karena dia popular berakting saja, tapi karena konten – konten yang dibuat menarik untuk ditiru. Dari sekian banyak selebgram di Instagram, pasti kamu banyak melihat ciri khas dari masing – masing foto di galeri akun mereka. Bisa jadi hal tersebut menjadi referensi buatmu saat mengambil foto. Biar lebih mudah, Lensa Community bakal kasih 15 tips dari referensi beberapa selebgram yang bisa kamu tiru triknya.

1. Foto Spot Alam ala @fiersabesari


Foto keren fiersa besari

Kalau kamu lihat Instagram salah satu pemusik tanah air @fiersabesari, kamu bakal disuguhi dengan foto – foto yang punya saturasi warna yang lebih tinggi sehingga menghasilkan foto yang tajam dan “menenangkan” dan yang utama adalah eksplorasi lokasi – lokasi di Indonesia yang bikin menakjubkan. Pemilihan destinasi bisa jadi faktor untuk memudahkanmu mengambil foto dengan smartphonemu.  Kamu bisa mengambil lokasi mulai dari wisata alam, pegunungan, pantai, laut, bahkan tempat – tempat bersejarah.

https://www.instagram.com/p/CCLg7Hhg7W3/?utm_source=ig_web_copy_link

2. Foto Glow Effect ala @gamaliel


Foto Glow Effect gamaliel

Foto – foto di galeri Instagram @gamaliel bisa jadi referensi menarik buatmu. Foto – foto dengan Glow Effect seperti menggunakan neon warna bisa membuat “mood” fotomu lebih aesthetic. Kamu ambil foto dan edit dengan aplikasi di smartphonemu dengan mudah. Dalam pengambilan teknik ini kamu harus melakukan proses editing di smartphonemu lebih mendetail, mulai dari pemilihan warnanya dan seberapa “glow” efek yang ingin kamu tampilkan pada fotomu.

https://www.instagram.com/p/CNrxQ3Cj7ln/?utm_source=ig_web_copy_link

3. Foto Keren Neon Effect  ala @anyageraldine


Foto Keren Neon Effect  Anyageraldine

Memanfaatkan cahaya dari lampu neon juga sangat menarik, kamu akan mendapatkan efek seperti Cyberpunk yang lagi tren tahun ini. Cahaya dari neon yang beragam bisa membuat efek fotomu lebih unik dan colorfull tanpa harus terkesan “norak”. mungkin kamu bisa lihat dari salah satu foto @anyageraldine dan menjadikan referensi buatmu. Setiap warna yang muncul dari neon akan membaur dengan neon lainnya sehingga efek glow yang terpancar akan menjdi daya tarik yang khas.

https://www.instagram.com/p/CPxfjlQhTU4/?utm_source=ig_web_copy_link

4. Foto OOTD ala @rachelvenya


Foto OOTD ala Rachelvenya

Selain dari smartphone, kamu juga bisa mengoptimalkan wardrobe yang dikenakan. Kamu bisa lihat referensi OOTD dari @rachelvenya, seringkali OOTD dan pose yang digunakan membuat foto menjadi lebih menarik tanpa harus menggunakan kamera DSLR. Pemilihan wardrobe juga menentukan baik secara warna, keunikan, dan yang paling terpenting adalah “mix & match” dalam berfoto. Bakalan seru kalau kamu bisa bereksperimen dengan banyak wardrobe.

https://www.instagram.com/p/CP-IseKF1cP/?utm_source=ig_web_copy_link

5. Foto Clean Effect ala @anissaaziza


Foto Clean Effect ala Anissaaziza

Foto – foto dari istri Raditya Dika ini juga bisa jadikan referensi untukmu mengambil foto. Dengan memanfaatkan warna – warna yang clean seperti putih, biru muda, pink muda, dan sejenisnya. Kamu akan mendapatkan foto yang “clean” yang membuat mood jadi lebih segar. Foto – foto yang clean bisa lebih dimaksimalkan dengan pencahayaan yang tepat, maka dari itu penting banget mengatur smartphone dengan settingan yang pas, agar hasilnya pun lebih maksimal.

https://www.instagram.com/p/CQH9KGfBCDI/?utm_source=ig_web_copy_link

6. Foto Aesthetic ala @cakecaine


Foto Aesthetic ala Cakecaine

Musisi cantik ini juga memiliki referensi tema yang bisa kamu eksplorasi saat kamu mengambil foto dengan smartphone. Angle shot, color, komposisi dan pose bisa kamu eksplorasi. Foto – foto seperti bisa membangun sebuah mood sesuai dengan yang kamu inginkan. Bisa dibilang foto – foto aesthetic adalah bagaimana cara kita mengambil gambar dengan mood yang sesuai. Karena emotional feeling dari sebuah foto aesthetic bukan hanya didapat dari keseimbangan komposisi, atau beragam warna pada elemen visualnya tapi keindahan pesan yang ada dalam foto tersebut.

https://www.instagram.com/p/CM6aDnNloEk/?utm_source=ig_web_copy_link

7. Foto Sambil Memegang Properti ala @ardhitopramono


Foto Sambil Memegang Properti Ardhitopramono

Kamu juga bisa menambahkan properti agar fotomu terlihat ada interaksi di dalamnya. Kamu bisa lihat foto @ardhitopramono beraksi dengan gitarnya. Sebisa mungkin pilihlah properti yang memang menghidupkan pose dari si model. Sebenarnya properti memang penting dalam menggambarkan karakter dari objek foto. Jika ingin menggambarkan pesepak bola maka property bola atau memakai sarung kiper menjadi penting, begitu juga berlaku dengan hal lainnya.

https://www.instagram.com/p/Bzm6hP3HIZQ/?utm_source=ig_web_copy_link

8. Foto Action Shot ala @jefrinichol


Foto Action Shot ala Jefrinichol

Apapun gerakannya mulai dari berjalan hingga sedang berolahraga, bisa membuat foto lebih menarik. Aksi memang bisa membuat foto lebih hidup, kamu bisa lihat salah satu foto aksi skate dari @jefrinichol. Dengan smartphone dan skill yang mumpuni kamu dapat muda mengambil aksi – aksi dari modelmu. Skill yang paling mendasar dalam pengambilan action shot dengan smartphone adalah ketepatan timing saat memotret dan setting kamera smartphone-mu yang mumpuni. Kamu bisa menggunakan burst mode pada smartphonemu untuk mempermudah mengambil beberapa scene dan tinggal kamu pilih mana yang paling mendekati dengan selera yang kamu inginkan.

https://www.instagram.com/p/CLoXgVBAfS3/?utm_source=ig_web_copy_link

9. Foto High Contrast ala @ganindrabimo


Foto High Contrast ala Ganindrabimo

Menggunakan warna – warna dengan kontras tinggi baik secara properti saat pengambilan foto maupun di tahap editing juga menarik. Benturan warna – warna terang pastinya bakal bikin foto lebih “energic” kamu bisa lihat referensi foto dari Instagram @ganindrabimo. Wah keren – keren sih. Tapi perlu diingat juga, benturan warna – warna ini juga memiliki keteraturan yang harus kamu pertahankan, semakin terang atau semakin beragam belum tentu menjadikan foto high contrast terlihat bagus. Keseimbangan warna perlu dijaga agar mendapatkan hasil maksimal.

https://www.instagram.com/p/CQDSOFqDHOF/?utm_source=ig_web_copy_link

10. Foto Unique Pose ala @awkarin


Foto Unique Pose ala Awkarin

Gak semuanya harus kamu maksimalkan setting di smartphone saat pengambilan foto. Pose juga bisa jadi kunci kamu mendapatkan foto – foto menarik dengan smartphone, salah satunya kita bisa lihat dari foto @awkarin. Pose yang menarik tentu akan mengisi komposisi dari sebuah foto tersebut. Pose berdiri atau duduk tentunya sudah umum, tapi bagaimana kalo dengan pose dia berlari, menari, atau pose unik lainnya? Tentunya itu akan menambah daya tarik dari foto yang kamu potret. Bahkan sekelas art atau abstrack photography yang menampilkan objek manusia, tingkatan posenya benar – benar Out of the box. Itulah pentingnya mengapa pose perlu eksplorasi bahkan menciptakan pose baru yang menjadi ciri khas hasil fotomu.

https://www.instagram.com/p/CP7h56uJsDC/?utm_source=ig_web_copy_link

11. Foto Bermain Komposisi ala @fannyghassani


Foto Bermain Komposisi ala Fannyghassani


Komposisi adalah nyawa dari sebuah foto, komposisi memandumu untuk mengambil foto yang benar itu seperti apa. Kamu bisa lihat komposisi simetris dari foto @fannyghassani. Mungkin ini jadi referensimu mengambil foto dengan smartphone walaupun masih banyak referensi komposisi yang bisa kamu ambil, bisa menggunakan komposisi warna, komposisi tekstur, komposisi asimetris, komposisi motif, dan masih banyak lagi. Semua itu tergantung dari bagaimana kamu ingin memngemas hasil fotomu nanti.

https://www.instagram.com/p/CKfTDSlFrqW/?utm_source=ig_web_copy_link
 

12. Foto Optimalkan Cahaya Matahari ala @maudyayunda


Foto Optimalkan Cahaya Matahari ala Maudyayunda

Dengan cahaya alami, foto akan menjadi lebih terang dan tajam, tentunya kamu harus bisa memperkirakan jatuhnya cahaya sehingga cahaya yang menyinari objek foto terpapar dengan jelas. Contohnya foto dari @maudyayunda ini yang bisa kamu jadikan referensi dengan smartphonemu. Cahaya alami memang paling digemari oleh para fotografer, karena  hasil foto akan mendapatkan cahaya yang optimal, lembut, dan menyebar rata pada objek foto sehingga cocok untuk menampilkan foto dengan tingkat ketajaman dan detail yang lebih tinggi.

https://www.instagram.com/p/CPuelhPgoK2/?utm_source=ig_web_copy_link

13. Foto Golden Hour ala @sintyamarisca


Foto Golden Hour ala Sintyamarisca

Golden Hour merupakan waktu yang tepat untuk memotret dengan cahaya yang lembut dan menyebar, biasanya sebelum matahari terbit dan menjelang matahari terbenam. Kamu bisa memanfaat cahaya ini untuk mendapatkan foto yang lebih menarik. Kamu bisa lihat salah satu foto @sintyamarisca yang memanfaatkan Golden Hour dalam memotret. Bahkan kamu bisa mengkolaborasikannya dengan mode yang ada pada smartphonemu seperti mode cloudly, flourence, dan sebagainya. Mungkin saja dari hasil eksperimenmu kamu bisa mendapatkan preset warna yang menjadi identitas di setiap foto hasil jepretan smartphonemu.

https://www.instagram.com/p/CN157wdnns2/?utm_source=ig_web_copy_link

14. Foto Levitasi ala @lunamaya


Foto Levitasi ala Luna Maya

Foto melayang dengan melompat atau disebut levitasi sangat banyak digemari oleh

banyak orang. Kamu bisa kok memaksimalkan smartphone  untuk memotret menggunakan smartphone. Salah satunya foto @lunamaya yang bisa dijadikan referensimu memotret. Foto levitasi tentunya juga dibutuhkan skill dan kemampuan kamera smartphone yang mumpuni. Sama halnya seperti kamu memotret pergerakkan, perlu ketepatan timing yang tepat, fokus yang tinggi, dan setting kamera smartphone yang tepat. Mungkin kamu bisa menggunakan Burst Mode agar bisa menangkap scene yang lebih banyak sehingga bisa mempermudah kamu mengambil gambar yang paling bagus.

https://www.instagram.com/p/CL20gqdnHBV/?utm_source=ig_web_copy_link

15. Black & White ala @arieltatum


Black & White ala Ariel Tatum

Bermain warna hitam putih juga menarik lho. Hitam putih bisa membuat foto menjadi lebih tajam dan detail tinggal kamu mengatur exposure dan sebagainya agar hasilnya lebih menarik. Kamu bisa lihat salah satu foto dari @arieltatum sebagai referensimu nih. Foto hitam putih sendiri gak cuma sembarangan yang penting hitam putih tapi ada pesan yang harus disampaikan dalam foto tersebut. Karena lagi – lagi foto hitam putih itu misterius karena audiences tidak tahu apa situasi atau kondisi dalam foto tersebut, makanya perlu banget harus bisa menyampaikan makna dalam foto tersebut tanpa harus menuliskan dengan kata tapi dengan clue – clue yang ada dalam foto tersebut.

https://www.instagram.com/p/CPNmMa3NgSt/?utm_source=ig_web_copy_link

Mungkin hanya sebagian dari begitu banyaknya konten – konten selebgram yang sangat beragam dan bisa menjadi referensi untukmu membuat konten dengan format foto sesuai dengan seleramu. Semoga tips dari kita bisa membuka pikiranmu untuk buru – buru deh eksplorasi lagi buat bereksperimen dengan smartphonemu. Karena “eksplorasi” saat ini sangat dibutuhkan agar memacu kreatifitasmu dalam berkarya.

Pantau terus @lensacommunity di Instagram untuk dapatkan update terbaru seputar dari visualgrafi mulai dari fotografi, videografi, vlog, dan lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.