Matahari terbenam merupakan salah satu fenomena paling spektakuler. Warnanya yang kaya, pencahayaan yang dramatis serta bentuk yang kuat membuat fenomena ini menjadi primadona Ketika ditangkap dalam sebuah frame. Namun, beberapa orang tidak bisa secara baik mengabadikan momen tersebut, sehingga hasilnya tidak maksimal. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips yang dapat digunakan untuk menangkap matahari terbenam agar terlihat indah.

1. Bermain dengan White Balance



Jika kamu membiarkan White Balance diatur ke Auto, kameramu mungkin mencoba mengoreksi apa yang dilihatnya sebagai lemparan warna, menghasilkan nada yang lemah atau terdistorsi. Untuk menangkap rona matahari terbenam sebagaimana adanya, gunakan preset Sunlight White Balance. Atau, untuk warna yang lebih dalam dan lebih hangat, coba pengaturan Cloudy.

2. Gunakan Picture Control



Lihatlah picture control di kameramu. Pengaturan standar dari hal tersebut akan mereproduksi warna secara akurat, dan akan meningkatkan saturasi serta memebrikan intensitas yang ekstra. Akan lebih baik lagi jika memotret dengan file RAW daripada JPG, karena akan memberikan lebih banyak ruang untuk mengubah white balance dan saturasi warnanya.

3. Menggunakan Mode Mettering



Coba menggunakan mode meterind dengan center wighted. Warna langit yang dihasilkan dengan menggunakan metode ini menjadi lebih indah. Selain itu, objek mataharinya akan semakin terpusat, sehingga secara keseluruhan, foto yang di ambil akan terlihat menawan!

Itu dia tips untuk menangkap matahari terbenam agar terlihat lebih indah. Jangan lupa pantengin terus @lensacommunity di Instagram untuk mendapatkan update terbaru seputar visualgrafi mulai dari fotografi, videografi, vlog dan lain sebagainya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.