Memotret sudah menjadi kebiasaan umum bagi banyak orang, karena dengan berkembangnya zaman, kamera smartphone semakin canggih juga. Namun, beberapa orang berpikir kalau kamera di smartphone tidak sebaik kamera biasa, apalagi untuk memotret di malam hari. Memang, mengabadikan momen di malam hari adalah sebuah tantangan bagi para fotografer.

Yang perlu diingat, dibutuhkan keahlian khusus serta setting kamera yang tepat ketika menggunakan smartphone untuk mengabadikan malam hari. Nah, berikut akan dijelaskan tips dan triknya untuk memotret menggunakan smartphone di malam hari!

1. Menggunakan Fitur Night Mode

Berkat semakin canggihnya teknologi pada kamera smartphone, fitur night mode kerap dipasangkan di banyak ponsel. Nah, fitur ini sangan mendukung kita untuk bisa menangkap malam dengan baik. Fitur ini bekerja dengan memanfaatkan shutter speed yang lambat agar bisa menangkap objek secara detail walaupun minim pencahayaan.

2. Menggunakan Mode Manual atau Mode Pro



Fitur ini memang tidak dimiliki oleh semua ponsel, namun jika ponselmu memiliki fitur ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan gambar yang ciamik saat malam hari. Sebagai pengguna, kita bisa mengatur ISO, shutter speed dana aperture yang diinginkan dengan mode ini.

3. Memakai Pencahayaan Tambahan



Perlu diingat bahwa memotret malam hari tidak dianjurkan menggunakan flash bawaan dari smartphone, karena bisa merusak detai dan kedalaman fotonya. Tapi, kalau terpaksa mengambil gambar dalam gelapnya malam, menggunakan pencahayaan tambahan menjadi pilihan terbaik.

4. Mengatur Shutter Speed

Kamu bisa mengatur shutter speed untuk mendapatkan hasil foto dengan pencahayaan yang pas saat malam hari. Semakin lambat kecepatan rananya, semakin banyak juga cahaya yang akan masuk. Tapi, kamu juga harus hati-hati karena hasil foto bisa blur kalau terjadi pergerakan sedikit saja.

5. Gunakan Tripod!

Biar hasil fotonya gak blur atau buram, kamu bisa memanfaatkan tripod. Pakai tripod dengan kaki yang kokoh dan stabil, agar tidak ada pergerakan sedikitpun. Kamu juga bisa menggunakan tripod yang sudah punya fitur remote Bluetooth sehingga bisa mengoperasikannya dari jarak yang jauh.

Itu dia tips memotret di malam hari menggunakan smartphone.  Jangan lupa pantengin terus @lensacommunity di Instagram untuk mendapatkan update terbaru seputar visualgrafi mulai dari fotografi, videografi, vlog dan lain sebagainya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya