Saat ingin menerbangkan drone, kita harus memperhatikan beberapa faktor seperti drone yang dipakai, cuaca, ataupun perizinan. Yap benar perizinan, karena gak setiap tempat diperbolehkan untuk mengoperasikan drone. Kenali berbagai jenis drone, biar Lo tau tipe drone apa yang Lo terbangin:
 

  1. Quadcopter

  2. GPS Drone

  3. RTF Drone

  4. Photography Drone
     

Selanjutnya, ini dia hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menerbangkan drone! 
 



1. Memperhatikan peraturan yang ada

Sebelum menerbangkan drone, Lo harus mengetahui aturan-aturan yang sudah ditetapkan dalam menerbangkan drone seperti:
 

  1. Jangan terbang di kawasan yang terlarang

  2. Jangan menerbangkan drone di atas kepala manusia

  3. Jangan terbiasa menggunakan Auto Pilot

  4. Jangan menerbangkan drone tanpa memperkirakan cuaca
     



2. Menerbangkan perlahan

Pada tahap ini, Lo bisa mulai untuk menerbangkan drone secara perlahan. Pada dasarnya, dalam menerbangkannya dibutuhkan perasaan dan kehati-hatian karena sistem kendali pada drone sangat sensitif. Sedikit saja digerakkan, drone akan memberikan respon. Nggak jarang masalah atau kesulitan yang dihadapi saat mengendalikan drone biasanya terjadi karena Lo panik atau agresif. Sehingga, hasil video Lo malah jadi shaky.
 



3. Mengaktifkan fitur Return-to-Home

Langkah yang satu ini juga menjadi perhatian penting saat mengaktifkan pesawat nirawak. Awalnya, Lo akan diminta untuk mengkalibrasi drone meliputi arah mata angin atau mengunci lokasi GPS dari penerbangan awal. Hal ini dilakukan agar drone bisa lebih stabil, lalu ketika baterai akan habis atau hilang sinyal, maka perangkat tersebut akan pulang secara otomatis ke lokasi GPS yang ditentukan pada tahap kalibrasi di awal. 
 



4. Memilih tempat yang luas

Tempat landasan, juga merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh para pilot drone. Sebaiknya, pilihlah tempat yang luas dan gak dikelilingi oleh beberapa benda tinggi yang ada di sekitarnya seperti gedung maupun pohon. Supaya drone yang Lo terbangkan gak berisiko menabrak benda-benda tersebut. Apalagi Kalau Lo yang baru belajar menerbangkan perangkat drone, tentunya membutuhkan tempat yang luas dan kosong karena belum bisa mengoperasikannya secara baik. Selain itu, cuaca, kecepatan angin, serta debu juga menjadi bahan pertimbangan karena akan mempengaruhi kestabilan drone saat terbang. Apalagi debu dapat membuat drone menjadi kotor hingga ke bagian dalam dan membuatnya rusak. Jadi, be aware yaa!

Seperti alat rekam lainnya, penggunaan drone juga harus cermat dan tepat untuk menghindari hal-hal yang gak diinginkan, siapa sih yang gak mau punya footage aerial yang canggih? Langsung aja coba terbangin drone-nya dan jangan takut, ya!

Keypoint

Menerbangkan drone memiliki kompleksitas dan tantangannya tersendiri. Drone Lo bisa aja tiba-tiba kehabisan baterai saat terbang, atau bisa aja Lo gak diperbolehkan buat nerbangin drone di satu tempat. Supaya terbiasa dan semakin jago itu Lo harus banget nyoba untuk terbangin drone biar lebih akrab sama adrenaline-nya. Kalo Lo masih ragu untuk mulai, gabung aja ke Lensa Academy. Lo akan menemukan berbagai cara untuk menghasilkan footage drone yang berkelas dan belajar langsung dari ahlinya! Gak perlu khawatir soal ketinggalan informasi seputar tips and trik di dunia drone, karena Lo bisa akses di @lensacommunity!