Zaman sekarang Lo juga bisa menggunakan kamera smartphone untuk mengambil foto. Memang kualitasnya bisa dibilang sedikit di bawah kamera profesional. Akan tetapi, spek kamera smartphone masa kini bisa dikatakan sudah canggih kok. Terlebih, Lo juga bisa langsung melakukan edit foto dengan HP.

Nah, salah satu ide untuk mengambil gambar menggunakan smartphone Lo adalah foto siluet. Biasanya momen sunset dan sunrise menjadi waktu terbaik yang bisa Lo nikmati, di mana terpampang latar jingga ataupun cotton candy yang memukau.

Supaya Lo bisa foto siluet dengan smartphone yang menampilkan keindahan langit, matahari, dan objek dalam satu gambar, intip langsung tips berikut ini:

1. Tempatkan Objek Membelakangi Sumber Cahaya

Mata manusia memiliki rentang dinamis yang jauh lebih besar daripada kamera smartphone. Karena pada dasarnya foto siluet timbul karena efek backlight, Lo perlu memperhatikan arah sinar matahari pada objek. Semakin terang intensitas cahaya matahari dari arah belakang objek, semakin terlihat juga efek siluetnya. 

Selama sumber cahaya matahari berada secara berlawanan, objek akan tetap berada dalam bayangan dan secara otomatis berubah menjadi siluet saat Lo jepret foto dengan kamera smartphone. Tentunya, penting banget nih buat Lo untuk memastikan untuk foto siluet dengan menunggu momen matahari terbenam atau matahari terbit.   

2. Perhatikan Outline Objek

Saat Lo memotret siluet, nggak masalah bagaimana ekspresi subjek, sebab hanya akan terlihat outline atau garis besarnya dan objek di sekitar saja saja. Di sisi lain, outline juga akan membuat perbedaan besar, jadi Lo harus bisa melihat objek fotografi dari segi  garis besarnya. Saat Lo mencoba membuat siluet terbaik dari objek manusia, perhatikan hal-hal kecil seperti posisi anggota badan yang dapat membuat perbedaan besar.

Jika objek Lo bergerak, bisa banget nih, dicoba untuk mengambil gambar dengan mode burst, sehingga nantinya dapat memilih momen yang pas. Selain itu, cobalah untuk menghindari objek yang tumpang tindih seperti orang yang berdiri di depan satu sama lain. Karena Lo hanya dapat melihat outlinenya saja, objek yang tumpang tindih akan membingungkan dan bisa gak terlihat bagus.

3. Menggunakan Objek yang Menarik

Meskipun mengambil foto siluet memang bisa dibilang mudah, namun akan lebih bagus bila Lo menemukan objek fotografi yang menarik. Menarik dan unik yang dimaksudkan di sini adalah objek yang menonjol, paling kuat dan unik, serta outline yang terlihat jelas. Contohnya, bentuk manusia yang sedang duduk di pantai, melompat, membawa sesuatu yang unik, hewan yang melakukan aktivitas dan lain-lain.

4. Setting Manual Exposure dan Matikan Flash di Smartphone

Kalo Lo mau mendapatkan foto siluet yang keren dengan HP, jangan lupa untuk mengatur secara manual exposure di smartphone. Fitur ini akan ngebantu Lo buat mengatur cahaya yang masuk ke dalam lensa kamera smartphone, agar gambar terlihat bagus dan menarik. Tentunya, tidak lupa juga buat mematikan ​​cahaya flash yang bisa menyinari objek dan membuat foto siluet jadi gagal. Kalo emang mau pakai flash, Lo bisa mengarahkannya ke samping agar nggak menyorot objek secara langsung.

5. Ambil Foto dengan Low Angle

Memotret dari sudut rendah adalah trik yang bisa Lo gunakan untuk meningkatkan intensitas siluet foto. Ini karena sudut rendah memungkinkan Lo memposisikan objek dengan latar belakang yang terkesan luas. Posisikan kamera smartphone Lo menghadap sinar matahari, namun buatlah sedikit ke bawah. Nah, biar hasilnya makin menarik, objek Lo bisa coba berpose seperti penari balet atau melompat.

6. Sembunyikan Matahari di Belakang Objek

Saat Lo memotret secara langsung matahari, akan ada masalah dengan hasil foto yang akan blow out dan lens flare. Meskipun lens flare terkadang dapat digunakan untuk efek yang menarik, ada baiknya untuk mengabaikan sinar matahari sama sekali dengan menyembunyikannya langsung di belakang objek Lo.

Apabila objek Lo kecil dan berukuran sempit, nantinya bisa saja foto yang dihasilkan mendapatkan bayangan menarik yang datang ke arah kamera. Bila Lo menggunakan low angle, bisa aja bayangan akan terlihat jauh lebih besar dan seringkali terlihat lebih bagus karena mengarahkan mata kita langsung ke objek.

7. Berikan Sentuhan Editan

Teknik fotografi dengan dengan kamera smartphone untuk mendapatkan exposure yang sempurna memang penting. Tapi, menambahkan sedikit sentuhan editan menggunakan aplikasi foto di smartphone Lo bisa sangat membantu sebuah foto yang dihasilkan menjadi terlihat lebih bagus dan dramatis. Namun, tetap ingat juga untuk tidak berlebihan dalam mengedit, apabila ekspektasi foto yang dihasilkan ingin terlihat alami.

8. Gunakan Mode Burst 

Hal yang paling unik dari memotret foto siluet adalah objek yang bergerak. Orang yang melompat dan burung yang terbang salah satu hal objek yang bisa menjadi menarik dan unik. Untuk menangkap momen ini tentu saja akan sangat sulit, bila smartphone Lo tidak mendukung mode burst. Nah, untuk membuatnya mudah dan hasilnya bagus, Lo bisa mengatur shutter speed yang cepat dan menggunakan mode burst pada smartphone.

9. Mencari Latar Pemandangan yang Menarik

Dalam foto siluet dengan smartphone, sangat penting buat Lo mencari latar belakang yang menarik untuk menambah kesan aesthetic. Ini karena foto siluet tidak hanya berfokus pada objek, tapi juga didukung oleh pemandangan di sekitarnya. Saat menggunakan langit sebagai latar belakang, cari pola awan yang menarik untuk melihat bagaimana Lo dapat menyandingkannya dengan siluet, sehingga membuat foto menjadi terlihat makin keren.

Nah, Sekarang Lo udah tau kan beberapa cara untuk memotret siluet dengan dengan kamera smartphone. Selain foto siluet, masih banyak ide yang bisa Lo jepret menggunakan smartphone, misalnya memotret produk yang keren. Tentunya, masih banyak ide dan tips yang bisa Lo cari pada artikel Lensa lainnya.

Jadi, dengan adanya artikel ini, semoga Lo udah bisa tau cara foto siluet dengan smartphone yang gampang dipraktekkan. Bagikan artikel ini ke teman-teman lainnya ya dan jangan lupa baca artikel dari Lensa lainnya buat ketahui banyak informasi serta tips seputar fotografi!