Pemandangan di malam hari emang nggak kalah indah dengan siang hari. Selain taburan bintang di langit, banyak hal lainnya yang bisa Lo abadikan lewat foto mulai dari gemerlap lampu dari gedung-gedung tinggi hingga cahaya bulan yang terang.  

Untuk mendukung kegiatan foto di malam hari, sekarang ini banyak produsen smartphone yang mengeluarkan kamera dengan fitur night mode yang memudahkan pengguna untuk mengambil gambar dengan jelas dengan pencahayaan yang kurang. 

Biasanya, ketika Lo memotret di malam hari dengan pencahayaan minim dan tanpa night mode, hasil foto yang dihasilkan kurang memuaskan seperti gambar yang ngeblur, terlihat ‘pecah’, atau banyak grainy (titik-titik kecil pada foto), dan noise. Hasilnya pun jadi nggak seindah dengan apa yang kita lihat dengan mata.  

Tapi, tenang aja. Kalau handphone Lo belum memiliki fitur night mode, Lo tetep bisa kok mengambil gambar dengan hasil maksimal menggunakan tips di bawah ini. Simak sampai habis, ya! 

  1. Hindari Menggunakan Flash 

Menggunakan flash saat mengambil objek gambar di malam hari ternyata nggak terlalu dianjurkan. Selain bisa merusak detail dan kedalaman foto, menggunakan flash juga bisa membuat foto yang Lo ambil jadi overexposure dengan cahaya yang nggak merata. Flash juga bisa membuat objek yang Lo ambil terlihat kontras dengan background. 

 
  1. Pakai Tisu atau Kertas Tipis 

Objek di depan terlalu gelap sampai Lo ‘terpaksa’ harus menggunakan flash? Nggak usah khawatir! Untuk menghindari cahaya yang terlalu terang, Lo bisa tutup flash Lo dengan tisu atau kertas tipis saat mengambil foto. 

 

 
  1. Gunakan Manual Mode 

Lo bisa banget mengatur exposure secara manual di HP. Namun, perlu diingat kalau nggak semua HP punya fitur ini. Tenang aja, Lo masih bisa gunakan beberapa aplikasi pihak ketiga buat mengatur ISO, shutter speed, dan aperture yang sesuai. 

 

 
  1. Tangkap Cahaya Lebih Banyak dengan Long Exposure 

Mau memotret cahaya lampu dari gedung-gedung tinggi? Lo bisa gunakan long exposure, teknik yang mengandalkan kombinasi antara objek diam dengan objek bergerak ditambah dengan shutter speed lambat. 

 

 
  1. Pakai Tripod

Memotret di malam hari itu membutuhkan shutter yang lambat untuk menangkap cahaya lebih banyak. Supaya foto Lo nggak blur karena shaky saat hand held, sebaiknya Lo membawa tripod supaya pegangan lebih mantap dan tahan goncangan. 

 
  1. Pakai Sumber Cahaya Tambahan 



Cahaya super minim dan pakai flash dari HP kurang membantu? Lo bisa kok, memanfaatkan sumber pencahayaan lain seperti lampu kecil atau ring light untuk dapetin cahaya tambahan. 

 

 
  1. Atur White Balance 



Biar foto Lo makin ciamik, Lo bisa banget atur white balance dari hasil foto yang sudah Lo ambil menggunakan aplikasi edit foto. Hal ini bisa bikin foto Lo semakin mirip dengan objek asli yang Lo ambil. 

 

 
  1. Gunakan Fitur HDR 



Kalau HP Lo sudah memiliki fitur HDR atau High Dynamic Range, Lo bisa banget pakai fitur ini buat memotret di malam hari. Fitur HDR akan membuat hasil foto yang Lo ambil menjadi lebih tajam dan jelas. Karena fitur ini dapat memberikan Lo opsi untuk nggak kehilangan fokus antara subjek dan latar belakang.

 
  1. Foto Siluet untuk Malam Hari 



Kalau Lo berencana untuk memotret foto siluet, maka malam hari adalah waktu yang sempurna. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Lo bisa atur supaya sumber cahaya berada di belakang objek yang akan Lo foto. Misal, foto di atas bukit atau gedung, dengan view perkotaan.

 

 
  1. Proses Editing



Nggak cuma trik saat memotret objek di malam hari itu sendiri, menghasilkan foto malam hari yang ciamik juga membutuhkan proses editing yang tepat. Lo bisa mengatur mulai dari exposure, brightness, contrast, hingga shadow lewat aplikasi atau editor foto yang sudah tersedia d HP Lo. 

 

 
  1. Pakai Filter BW atau Sephia



Foto yang dihasilkan grainy atau memiliki titik-titik kecil seperti semut? Lo nggak usah khawatir, tinggal tambahkan filter hitam-putih atau sephia buat kasih kesan vintage and old! 

 

Nah, itu dia tips dan trik memotret foto di malam hari tanpa menggunakan night mode. Tenang aja, nggak cuma di lokasi perkotaan, tips-tips di atas juga bisa banget Lo aplikasikan saat memotret di alam terbuka atau dalam ruangan dengan cahaya yang minim. 

 

Selain itu, kalau Lo mau tau lebih banyak tips dan trik seputar fotografi terkini, Lo bisa banget nih intip Instagram Lensa Community. Dijamin, knowledge Lo seputar fotografi pasti bertambah! Jadi, udah siap hunting foto? 

 

Contoh hasil foto malam hari menggunakan smartphone: