Saat menciptakan karya, kerap kali seorang videografer merasa kebingungan untuk menentukan momen yang tepat dalam menggunakan alat bantu seperti gimbal, untuk mencegah shaking-nya gambar, untuk menangkap kebutuhan gambar. 

Sebelumnya, ada 3 variasi shot yang bisa Lo gunakan pas mengambil gambar pakai gimbal, yaitu:

  • Establishing Shot
  • Wide Shot
  • Medium Shot

Nah, sekarang kita langsung intip yuk teknis pengambilan gambar menggunakan gimbal berikut ini:



1. Gunakan Gimbal saat Mengambil Action Move

Penggunaan gimbal direkomendasikan kalo Lo mau ambil gambar action, sehingga momen yang terekam dapat mengikuti pergerakan dari pemerannya. Penggunaan gimbal akan mengurangi resiko shaking dan blur, karena pengaturannya yang menjaga kamera agar tetap pada posisinya. Penggunaan gimbal juga bisa digunakan untuk berbagai kamera movement seperti one shoot take untuk rangkaian panjang scene agar visual yang dihasilkan tetap aman.
 



2. Gimbal Memudahkan Videographer dalam Mengambil Gambar


Saat pengambilan gambar romantis yang objeknya relatif bergerak, gimbal dengan mudah dapat mengabadikannya tanpa shaky, yang perlu dilakukan oleh videographer adalah fokus terhadap hasil fokus gambar.
 



3. Penggunaan Gimbal Memudahkan Pembangunan Cerita

Ketika penonton menyaksikan video hasil tangkapan kamera + gimbal, akan terasa lebih smooth dan mengajak penonton masuk ke dalam video. Gimbal movement juga memudahkan editor dalam membangun mood dalam satu video.
 



4. Gunakan Gimbal untuk Keperluan Komersil

Kalo Lo berencana untuk membuat video sinematik atau iklan, gimbal sangat diperlukan untuk pengambilan gambar, saat ini tren B-Roll atau Beauty Roll sedang digemari untuk berbagai publikasi produk makanan dan minuman, terdapat kaitan yang erat antara pergerakan kamera dan b-roll untuk menciptakan kesan sinematik, penggunaan gimbal memainkan peran pentingagar menciptakan visual yang sesuai.

Menggunakan gimbal hanyalah metode dalam mengambil gambar, serta faktor pendukung untuk menciptakan karya sesuai tujuan, yang terpenting dari semuanya adalah mulai berkarya tanpa ada beban. Karena, Seringkali ketika kita punya alat yang memadai, perasaan untuk explore lebih jauh justru semakin berkurang karena cepat puas dengan hasil yang ada. Jangan sampe kaya gitu ya, karena bagaimanapun cara Lo dalam berkarya, pastiin kalo Lo suka prosesnya biar tetap konsisten!