Sekarang ini, bikin video udah menjadi hal yang lumrah. Cuma dengan bermodalkan handphone, semua orang udah bisa membuat video. Nah, salah satu faktor yang mempengaruhi bagus enggaknya sebuah video itu adalah camera movementnya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai camera movement yang bisa dilakukan menggunakan handphone.

Sebelumnya, bahas dulu yuk apa itu camera movement? Camera movement atau pergerakan kamera adalah salah satu cara untuk menciptakan alur suasana yang dramatic lewat pengaturan subjek yang masuk kedalam frame. Sederhananya adalah pergerakan kamera ketika melakukan shoot. Lalu apa aja sih jenis-jenisnya?



1. Crab

Crab atau crabbing adalah gerakan kamera secara lateral atau menyamping, biasanya berjalan seirama dengan subjek yang sedang berjalan. Crab ini biasanya bergerak ke arah kanan (crab right) atau ke arah kiri (crab left).



2. Dolly

Beda dengan zoom, kalo dolly ini biasanya pergerakan kamera yang menjauhi objek, namun secara bersamaan, kita melakukan zoom in kearah objek. Teknik dolly ini juga lagi ramai nih di jagat dunia maya, apalagi di salah satu platform.



3. Tilt

Teknik ini adalah Gerakan kamera secara vertical, atau dari bawah ke atas, begitu juga sebaliknya. Biasanya, pergerakan kamera ini untuk menunjukan kesan dramatis ketika objek sedang bergerak maju. Nah, ini juga bisa banget kamu lakukan dengan handphone tanpa perlu menggunakan alat bantu lainnya.



4. Follow

Teknik follow merupakan gerakan kamera yang mengikuti objek ketika objek tersebut sedang bergrak, bisa dengan tilt, crab atau lainnya. Untuk mengatur agar handphone tidak terguncang, kamu bisa mengaktifkan fitur stabilizer atau menggunakan gimbal khusus untuk handphone.

Itu dia tips camera movement dengan handphone yang bisa kamu gunakan.  Jangan lupa pantengin terus @lensacommunity di Instagram untuk mendapatkan update terbaru seputar visualgrafi mulai dari fotografi, videografi, vlog dan lain sebagainya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya