Banyak orang menganggap kalau hal utama dalam fotografi adalah pencahayaan. Walaupun begitu, gela- dan terang harus diseimbangkan agar bisa menciptakan komponen yang bahkan bisa lebih menarik lagi, seperti yang dilakukan dengan Teknik shadow photography.

Sebelumnya, apa yang dimaksud bayangan? Bayangan adalah kontur yang tercipta ketika suatu benda atau objek menghalangi masuknya sinar matahari ketika mencapai permukaan. Bentuk dari bayangan bisa berubah-ubah tergantung bentuk objek, ukuran objek, serta cahaya. Nah, berikut ini akan dipaparkan tips jitu shadow photography!



1. Menentukan Tujuan

Apa tujuanmu menggunakan bayangan? Kamu bisa menggunakan bayangan sebagai pemanis sebuah foto, atau hanya untuk mempertegas efek dimensi pada subjeknya. Intinya, kamu harus lebih dulu menentukan apa tujuanmu dalam menggunakan bayangan.

2. Perhatikan Jarak dan Sumber Cahaya

Jarak dan sumber cahaya sangat penting dalam shadow photography. Jika jarak sumber cahaya jauh, hasil bayangan yang tercipta juga akan lebih tipis dibandingkan dengan jarak cahaya yang dekat. Jadi, pastikan kamu memilih waktu yang tepat untuk sesi memotret, karena arah matahari akan selalu berubah-ubah.



3. Buat Shape Yang Menarik

Kamu harus mempelajari juga tentang bentuk objeknya, karena bayangan yang bagus adalah bayangan yang mampu menampilkan kontur dan pola solid dari subjeknya. Disini, yang paling berperan penting adalah kreativitasmu sebagai seorang fotografer.

4. Gunakan Efek Black and White

Ketika kamu melakukan pencarian dengan keyword shadow photography, pasti yang keluar umumnya adalah foto hitam putih bukan? Efek hitam putih ini sebenarnya menjadi penguat visual dalam shadow photography. Kenapa? Karena warnanya cederung kontras, sehingga foto akan terlihat lebih menonjol.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika ingin melakukan shadow photography.   Jangan lupa pantengin terus @lensacommunity di Instagram untuk mendapatkan update terbaru seputar visualgrafi mulai dari fotografi, videografi, vlog dan lain sebagainya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya!