8 Hal Yang Mesti Loe Pahami Supaya Bodi Mobil Awet Kinclong

LAZONE.ID - Perawatan bodi mobil sangat penting supaya penampilan mobil loe oke dan cat bodi awet Bro. Nggak sembarangan loe cuci sambun, taruh, lalu cuci lagi.

Perawatan bodi mobil sangat penting supaya penampilan mobil loe oke dan cat bodi awet Bro. Nggak sembarangan loe cuci sambun, taruh, lalu cuci lagi. Ada aturan yang mesti loe perhatikan, terutama berkaitan dengan cat bodinya.

Mobil merupakan ekspresi diri loe Bro. Kalau mobil loe kotor, berdebu, artinya ekspresi diri loe yang malas, dan jorok. Jangan sampai ngantor atau antar jemput gebetan dengan mobil yang berantakan ala kadarnya. Nggak banget deh. Makanya, supaya aman, rawat deh mobil loe, sayangi seperti loe menyayangi diri loe. Mobil juga butuh perhatian dan sentuhan Bro. Begini nih caranya kasih sentuhan dan perawatan buat mobil loe, supaya pacar loe gak bete loe antar jemput.

1. Lindungi mobil loe dari cuaca, baik panas maupun hujan. Maksudnya, melindungi kalau panas, kalau memarkir jangan sembarangan di tempat yang langsung kena sinar matahari. Pilih tempat yang beratap atau teduh. Agar terhindar dari panas matahari atau hujan secara langsung. Sebab sinar matahari yang terus-menerus dapat merusak lapisan cat mobil. Kalau ditinggalkan dalam waktu lama, sebaiknya loe tutup menggunakan cover mobil. Jika setelah kehujanan, jangan biarkan lama nempel, langsung cuci dengan air bersih. Jika gak segera dikeringkan akan menimbulkan bercak noda yang bisa menyebabkan jamur. Dan ingat kadar keasaman air hujan tergolong tinggi Bro, jadi kalau gak segera dicuci, akan menyebabkan mobil loe gampang karat.

2. Hindarkan mobil kontak langsung dengan embun karena mempercepat timbulnya karat. Jika loe tidak ada garasi atau carport di rumah, selalu tutup dengan cover mobil.

3. Lakukan pencucian secara rutin, minimal 2 minggu sekali. Ingat, jangan mencuci pada siang hari. Lakukan pencucian mobil pada pagi hari. Sebab sinar matahari akan mempercepat pengeringan sabun, kalau gak segera dibersihkan bisa menimbulkan bercak di bodi mobil.

4. Saat mencuci, gunakan shampo mobil. Jangan menggunakan sabun yang mengandung detergen. Sebab kandungan kimia detergen akan merusak lapisan cat mobil dan bikin cat gampang pudar.

5. Jangan biarkan sabun kelamaan menempel di bodi. Setelah disabun segera bilas dengan air bersih. Kelamaan sabun gak dibilas akan menimbulkan bercak noda pada cat mobil.

6. Segera lap dengan kanebo setelah melakukan pembilasan. Agar sisa air yang ada di bodi langsung terangkat. Kalau gak segera diangkat, air bilasan ini juga akan menimbulkan bercak yang susah dihilangkan dan menimbulkan bercak, dan mengganggu penampilan cat bodi.

7. Saat menyiram, gunakan tekanan air yang gak terlalu kencang. Tekanan yang terlalu kencang akan merusak cat.

8. Setelah dilap dengan kanebo bersih, gunakan wax agar penampilan bodi makin kinclong dan cat bodi terlindungi.