Motor dan skuter berkapasitas rendah merupakan pilihan bijak buat pabrikan Italia, Aprilia. Mereka bakal meluncurkan skuter.

Produsen itu memang perlu beradaptasi dengan terjun ke kelas tersebut. Namun langkah tersebut diambil demi memproduksi motor dengan teknologi tinggi.

Dipimpin oleh grup Piaggio, Aprilia meluncurkan skuter dengan kapasitas kecil yang dijuluki SXR untuk pasar India. Pabrikan Italia itu menyebut bahwa model baru itu dijadwalkan untuk rilis komersial pada kuartal ketiga tahun ini.

Skuter ini akan tersedia dalam banyak pilihan, mulai dari ukuran mesin hingga kombinasi warna. Ini akan ditenagai oleh mesin berkapasitas 160cc atau 125cc — keduanya sesuai dengan BS-VI dan menjalankan teknologi injeksi bahan bakar 3V.



Aprilia menyiapkan empat pilihan warna berbeda yaitu: merah, putih, hitam, dan biru.

Dijadwalkan juga untuk rilis di India, adalah Vespa Elettrica, skuter listrik yang populer dan dirancang khusus untuk pasar India. Vespa listrik telah diklaim memiliki jangkauan 100 kilometer (62 mil) dengan sekali pengisian daya.

Diego Graffi, CEO dan Managing Director Piaggio Vehicle menyatakan bahwa ia sedang mencari cara untuk meningkatkan kehadiran perusahaan di industri sepeda motor India yang berkembang pesat.

India telah membuktikan diri sebagai ajang pembuktian yang kuat bagi produsen sepeda motor dengan nama-nama besar seperti KTM dan Triumph yang bermitra dengan raksasa manufaktur lokal, Bajaj. Seringkali, motor yang telah mendapatkan popularitas di pasar India terus mendapatkan daya tarik massa di seluruh wilayah Asia Pasifik.