BMW R nine T Jadi Motor Rally Dakar

LAZONE.ID - BMW R nine T menjadi bahan modifikasi motor off-road khas Rally Dakar.

Rally Paris-Dakar merupakan event motorsport paling besar yang pernah ada di dunia. Salah satu yang sukses dalam ajang tersebut adalah BMW yang akhirnya membuat GS series.

BMW GS tak hanya sebuah motor, tetapi itu sebuah gagasan yang tepat untuk menaklukkan medan rally. Hasilnya adalah, mereka menang empat kali dalam lima tahun kejuaraan itu.

Dan, kemenangan itu pun berimbas kepada penjualan. Pada 2009, BMW mencetak penjualan terbesar dari series GS.
 
(insert1)

Kini, menjelang ajang Wheels & Waves Festival di Biarritz, pantai Atlantik Prancis, BMW memberi sebuah penghormatan kepada sang penakluk gurun itu. Motor BMW R nine T diubah oleh BMW Motorrad Concept Lac Rose.

"Sejak pertama kali diperkenalkan di pasar, BMW R nine T telah menjadi motor yang populer untuk customer. Hal ini membuat kami sangat bangga dan memacu kami untuk menciptakan sesuatu yang khusus untuk festival itu, sesuatu yang tak pernah kami buat sebelumnya," kata Kepala Desain BMW Motorrad, Edgard Heinrich.



Dengan kombinasi warna orange mencolok, tentu saja motor itu sangat menarik perhatian. Dengan ubahan retro pada bagian frame belakang, motor itu dianggap bakal lebih ringan dari versi 30 tahun yang lalu. Dari sisi suspensi, melihat motor itu khusus off-road, perbaikan total dilakukan.

"Pada dasarnya motor ini adalah untuk berjalan santai dengan fitur off-road khas yang memungkinkan kalian meninggalkan jalan dan mengikuti jalur tanah," kata Heinrich.

Ada sejumlah bagian dengan kinerja tinggi lainnya yang dipasang. Dari shock belakang hingga dengan knalpot baru yang membuat mesin konsep ini tidak seperti R nine T lainnya.