Para pecinta motor super sport kayaknya setuju bahwa Panigale adalah seri terbaik dari Ducati sampai saat ini. Desainnya yang super sporty dan juga mewah dibekali dengan performa yang luar biasa bikin motor ini digemari banyak pecinta motor sport.

Tapi kadang, ada rasa penasaran tersendiri untuk mengulik sebuah motor meskipun motor tersebut udah dicap sebagai salah satu yang terbaik. Hal ini terjadi ketika seorang pemesan motor merasa jatuh cinta terhadap Panigale yang duduk di garasi milik Mathieu dan Herve di Quebec, Kanada.

Orang tersebut ingin sebuah cafe racer agresif dengan dasar sebuah Panigale yang sebenarnya udah kelihatan garang.

Apa aja yang mereka rombak dari motor satu ini?


Pertama, mereka mengganti swing arm ganda Panigale 899 yang terpasang pada motor ini dengan swing arm tunggal dari unit Panigale 1199. Untuk mendukungnya, mereka juga memasangkan sistem rem belakang, roda, dan juga shock dari unit 1199 juga.

Mereka menambahkan slipper clutch pada mesin motor ini dan juga melapisi case penutupnya dengan powder coating. Mesin Panigale 899 sendiri udah terbilang buas karena mampu mengeluarkan tenaga sampai 148 hp dengan berat total 169 kg dalam keadaan bawaan pabrik. Mathieu membatasi perubahan performa mesin tersebut dengan cuma mengganti K&N Filter dan sistem pembuangan yang baru.

Ada sesuatu yang unik dengan sistem pembuangannya. Knalpot yang biasanya berdekatan atau tersusun secara simetris di sebelah kanan dan kiri, tidak terlihat pada motor ini. Mathieu memasangkan dua knalpot tersebut secara terpisah di bagian ekor dan juga di bagian bawah.


Setelah selesai dengan pengerjaan mesin yang gak terlalu banyak, mereka melanjutkan untuk mengganti bodywork yang ada. Body baru yang kelihatan agresif ini terbuat dari fiberglass, termasuk fairing yang seharusnya untuk unit Ducati Monster. Mathieu merombak bentuk fairing tersebut supaya bisa pas dipasangkan pada unit Panigale 899.

Sebagai sentuhan akhir, mereka menambahkan jok kulit berwarna coklat yang kontras dengan warna bodywork putih di sekelilingnya. Ini jadi sentuhan elegan di tengah tampilan agresif yang sedang diciptakan.