Cafe Racer Pantah, Gabungan Antara Rasa Klasik dan Modern

LAZONE.ID - Membangkitkan citarasa klasik Ducati

Ducati emang terkenal sebagai produsen motor sport, baik itu naked sport, super sport, maupun sport tourer. Tapi kalau lo melihat beberapa dekade ke belakang, rasanya ada yang hilang dari Ducati di era modern ini. Hal yang hilang tersebut adalah cafe racer buatan mereka yang bisa diandalkan dan digemari oleh para bike enthusiast.

Cafe racer legendaris dari Ducati di antaranya adalah SL 600 Pantah, motor yang diproduksi antara tahun 1980 hingga 1986. Apa yang orang-orang sukai dari motor ini?

Well, selain punya mesin yang mumpuni, Pantah juga punya tampilan layaknya motor custom. Tampilan SL600 Pantah bawaan pabrik emang seakan-akan Ducati menyediakan motor custom buat semua penggemarnya.

Untuk mengenang kejayaan motor lawas tersebut, Armando Fontes dari Ruamachines Esmoriz membuat sebuah cafe racer modern dengan menggunakan SL600 Pantah sebagai dasar. Buat lo yang penasaran, Ruamachines sendiri adalah spesialis dalam membuat motor cafe racer.



Armando berencana membuat cafe racer yang murni dan terlihat sederhana. Ini karena klien yang memesannya adalah seorang desainer interior mobil Eropa yang menyukai kemewahan minimalis. 

Tentu aja, buat menampilkan citarasa visual yang modern, Armando membongkar seluruh body SL600 Pantah ini hingga tersisa bagian frame dan mesin. Dirinya juga membawa beberapa part tambahan dari Ducari yang lebih modern untuk melakukan sedikit upgrade. Part tersebut adalah forks upside down dari Ducati 900SS 1996 dan swingarm dari Ducati 750 F1 tahun 1985.



Roda yang digunakan oleh Armando masih roda bawaan dari SL600 Pantah, tapi dirinya mengganti ban dengan Avon Roadriders untuk memberikan sentuhan modern.

Beruntungnya buat Armando, motor tua dan sering digunakan untuk balap ini punya mesin yang masih terbilang sangat bagus untuk usianya. Jadi, gak banyak perubahan yang dilakukan pada mesin ini. Armando pun cuma mengganti airbox yang menurutnya udah terlihat usang.

Hasilnya, lo bisa melihat sebuah cafe racer naked fairing dengan tampilan modern, namun tentunya dibangun di atas rangka dan mesin motor klasik yang jadi juara pada masanya.