Vespa tua sekarang memang bukan cuma sekadar alat transportasi. Kendaraan ini bisa bikin pemandangan garasi lo lebih enak dipandang dan terlebih investasi.

Tapi buat punya Vespa tua memang nggak gampang buat kolektor pemula. Cek 5 hal ini sebelum beli Vespa tua.

1. Cek Keabsahan
Kayak motor pada umumnya, lo harus cek keabsahan Vespa. Beberapa yang nggak boleh kelewat adalah nomor polisi, nomor mesin dan nomor rangka.

Baca Juga: Warna-warni Vespa Makin Fresh

Pastikan semua angka dan huruf yang ada akur dengan STNK dan BPKB. Kalau soal pajak, kadang jadi pemakluman sih memang buat Vespa tua.

2. Cek Body Vespa
Selanjutnya cek rangka dan beberapa bagian penting di Vespa. Namanya juga sudah uzur, biasanya Vespa dekat dengan korosi.

Sebaiknya sih hindari Vespa yang seperti ini biar lo nggak repot setelahnya. Kecuali kalau lo memang mau ngebangun ulang semua bagian Vespa.

Bagian ini memang paling penting. Jangan ragu buat melihat bagian bawah Vespa. Lo juga bisa tutup mesin dan bagasi buat melihat kondisi sebenarnya dari motor itu.

3. Cek Mesin
Selanjutnya lo bisa beralih ke mesinnya. Coba nyalakan mesin Vespa. Mesin yang sehat bunyinya lebih kering dan tanpa tetesan oli.

Coba juga masukkan gigi dengan menarik tuas kopling. Kalau nggak ada suara yang mengganggu berarti Vespa itu sehat.

4. Cek Kaki-kaki
Bagian kaki-kaki juga harus lo periksa. Jangan ragu buat minta test ride sebelum lo beli. Karena urusan kaki-kaki juga perlu biaya yang besar buat nyegerinnya lagi.

5. Cek Kelistrikan
Berikutnya cek juga kelistrikan motor. Cek satu-satu lampu yang ada dan klaksonnya. Kalau Vespa yang bakal lo beli sudah dilengkapi starter elektrik jangan lupa dites.

Enaknya si Vespa tua ya karena nggak macem-macem urusan kelistrikan.